Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog


Sebagai orang yang baru bergelut di dunia blogging tentu banyak yang mengalami kesulitan untuk melihat atau mengetahui jumlah pengunjung yang datang setiap harinya pada situs blog yang baru dibangun. jika blog banyak pengunjung tentu aktifitas blogging akan terasa lebih bersemangat dibandingkan blog yang tidak ada pengunjungnya. untuk meningkatkan trafik pengunjung blog, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu cara mendapatkan pengunjung dari google baru anda akan mengetahui berapa jumlah pengunjung blog anda perhari, perminggu dan perbulannya dan dari mana saja sumber lalu lintas pengunjung yang datang ke situs anda.

Ada beberapa cara yang perlu anda ketahui dalam melihat jumlah pengunjung di blog anda diantaranya adalah memakai Geovisite, melalui blog, melalui google Analytics. mari kita bahas satu persatu

Apa itu Geovisite dan bagaimana cara memasangnya

Geovisite adalah untuk mengukur jumlah pengunjung perhari yang datang ke situs blog anda.

Cara kerja geovisite ini menghitung jumlah pengunjung dari pukul 00.00 Wib sampai dengan 23.59 Wib (yang sedang on, maupun yang sudah part dari blog kita) misalkan yang sedang on mencapai 10 orang dan yang sudah pergi mencapai 25 orang artinya pengunjung anda adalah 35 orang.

Dan memasang geovisite ini sangatlah mudah dengan cara anda login ke Geovisite » Klik bendera English » Sign Up » Isikan data lengkap anda klik logo disket » dan ambil kode widget yang sudah anda pilih di situs tersebut » pasang kode widget di situs blog anda.

Jika anda belum mengetahui cara memasang kode javascript/HTML widget, maka silahkan anda melihat panduan lengkapnya di (baca: Cara Mudah Memasukan Kode HTML di Widget Blog)

Melihat pengunjung dari blog

Jika anda tidak mau memasang geovisite di blog, maka ada alternatif lain untuk melihat jumlah pengunjung yang datang ke situs blog anda. karena jika melalui blog anda bisa melihat jumlah perhari, perminggu, perbulan dan dari web broser mana saja mereka merayapi situs anda.

Cara melihatnya adalah dengan cara login ke blogger anda » Ikhtisar. cara ini adalah cara pertama untuk anda melihat pengunjung blog, tapi ini tidak lengkap, maka ada alternatif lain.

Login ke blog » Statistik
Disana anda akan bertemu dengan tombol Sekarang » Hari » Minggu » Bulan » Setiap Saat » Pos » Sumber Lalu Lintas » Pemirsa. silahkan anda klik saja tombol-tombol tersebut, maka disana anda akan memahaminya

Melihat pengunjung blog dari Google Analytics

Google Analytics sampai saat ini adalah tools yang disediakan oleh google untuk mengetahui perilaku seluruh isi blog kita. menurut saya Analytics ini sangat akurat sekali dibandingkan kedua buah cara diatas tersebut. untuk melihat alur prilaku yang ada di blog anda, tentu anda harus memasang google analytics terlebih dahulu di situs blog anda (baca: Cara Daftar Google Analytics dan Mendapatkan ID Untuk Blogger)

Google Analytics saya jamin amat akurat untuk melihat pengunjung sedang online di situs kita, berapa page viewnya, dan alur lalu lintas datang dari mana saja termasuk keyword yang merujuk ke situs anda dari google tersebut, bisa terlihat jelas di Google Analytics.

Mungkin seperti ini saja penjelasan singkat saya untuk melihat atau mengetahui jumlah pengunjung pada blog kita. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan happy blogging






Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home