4 Kesalahan Utama Saat Menulis Artikel di Blog


Menjadi seorang blogger tentu sudah pasti akan menjadi penulis karena arti dari blogger sendiri adalah penulis. untuk dari itu banyak kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja saat kita menulis artikel di blog. ada 4 kesalahan yang sering kita temui baik di postingan blog kita maupun blog milik orang lain diantaranya adalah informasi yang diberikan kurang jelas, tidak realistis, melempem atau loyo, terlalu panjang tidak disertai sub judul.

4 Kesalahan Utama Saat Menulis Artikel di Blog

Dari fakta inilah kita bisa merubah gaya tulisan tersebut menjadi gaya bahasa yang awalnya tidak bisa difahami kini mudah difahami oleh pembaca, karena tujuan kita menulis bukan untuk robot google, melainkan untuk audience. artinya jangan sering menggunakan bahasa yang kaku dan baku untuk mendapatkan peringkat, melainkan bahasa yang sedikit genit dan bahasa pasar yang bertujuan membuat pengunjung senang untuk menterjemahkan maksud dari tulisan kita sampai tamat.

Setiap saya ingin menulis artikel, maka tidak pernah saya menulisnya langsung di blog. mengapa demikian? karena jika saya menulisnya langsung di blog, maka saya merasa seakan diuber-uber oleh waktu dan kesannya tulisan tersebut tidak teratur atau kurang jelas.

Sebelum saya menulis di blog, saya selalu menuliskan artikel di Ms Word terlebih dahulu karena setiap paragraf tulisan saya, bisa saya koreksi untuk membuang kata-kata yang mubazir atau tidak perlu sehingga kesannya dapat membuat pengunjung bingung maksud dari apa yang saya tulis. itulah mengapa setiap blogger senior lainnya merasa kesal jika tulisannya di copy paste oleh blogger lain, dan itu saya maklumi jika mereka marah. karena menulis artikel yang benar-benar bermanfaat itu sangat sulit, bukan sekedar artikel-artikelan.

Setelah menulis artikel di Ms Word, maka yang saya lakukan adalah mengoreksi paragraf demi paragraf dan memperbaiki ejaan-ejaan yang saya tulis, setelah itu saya copy-paste tulisan ke notepad, lalu saya terbitkan ke blog belajar berbagi ini. mungkin dengan cara ini bisa anda terapkan pada diri anda.

Apa saja kesalahan saat menulis artikel blog?

Seperti yang saya tuliskan pada paragraf pertama tadi yaitu informasi yang diberikan kurang jelas » tidak realistis » melempem atau loyo » terlalu panjang tidak disertai sub judul. berikut penjabaran singkat dari apa yang saya maksud tersebut

1. Informasi kurang jelas
Ketika anda ingin menulis artikel pada sebuah blog, maka hal yang perlu anda lakukan adalah mempunyai sumber refrensi atau sumber ide yang jelas, sehingga dapat memudahkan anda menarikan jari pada keybord laptop/pc milik anda.

Selain sumber refrensi, yang tidak kalah penting adalah ketika anda menulis artikel dalam bentuk tutorial, sebaiknya gunakan pelengkap seperti gambar. karena sangat jarang blogger yang memberikan tutorial terpadu lengkap dengan gambar dari a sampai z.

Ada juga blogger yang memberikan tutorial lengkap dengan gambar terpadu, tapi sangat disayangkan blogger tersebut hasil dari kopi-paste tulisan orang sehingga kita sering menemui tutorial yang bergambar, gambar tersebut pecah atau kada luarsa dan itu bisa kita lihat dengan ciri-ciri  keretakan gambar atau dengan segitiga berbalik dibarengi dengan simbol !.

2. Artikel tidak realistis
Dulu saya sempat dikejutkan oleh sebuah situs website tidak realistis, yang mana ketika pada waktu itu saya ingin mencari sebuah karya ilmiah tentang kampus milik pacar saya, akan tetapi saya tersasar di situs itu setiap mengetikan keyword-keyword yang saya cari. situs tersebut bisa terbilang menjadi raja di search engine google, tapi sangat menjengkelkan karena tidak sesuai dengan apa yang saya cari bahkan ketika saya mengklik judulnya di google, apa yang terjadi? hanya sebongkahan iklan-iklan saja yang muncul dalam pembahasannya, tapi isi dari artikelnya kosong. mungkin anda juga pernah tahu apa situs yang saya maksud tersebut “Initialnya ‘J’”. kurangajar sekali.

Jika anda ingin membuat artikel yang realistis, usahakan dalam pembuatan artikel anda sudah memiliki pegangan atau link keluar yang benar-benar menegaskan apa yang anda tulis dalam blog anda. misalnya link keluar ke wikipedia, pedoman google, atau sejenisnya.

Contoh: Anda menulis artikel tentang Mendapatkan Pengunjung Blog tapi isi dalam artikel, anda membahas tentang mendapatkan uang dari pengunjung blog. cara seperti ini yang perlu anda jauhi, karena judul dan isi pembahasan sangat jauh meskipun anda niatnya menembak keyword, bisa-bisa blog anda di nilai sebagai blogger pemberi berita palsu.

3. Artikel melempem dan terkesan loyo
Pembahan artikel melempem bukan dari judul, melainkan dari isi artikel anda yang terkesan monoton atau senang mengulang kata (tidak tegas) atau bertele-tele. dan bagaimana membuat artikel yang tidak bertele-tele?

Maka dari itu seperti yang sering saya bilang kepada anda, sebelum membuat artikel pada blog, maka tulislah terlebih dahulu di Ms Word. contohnya saya sendiri sering membuat artikel di ms word dan usahakan jika membuat artikel agar terlihat lebih tegas berikanlah gambar panduan yang bertujuan untuk memudahkan blogger pemula.

Contoh:
Bagaimana menurut anda dalam membuat sebuah artikel yang menarik serta kesannya tegas serta tidak loyo, karena membuat artikel yang melempem akan tidak enak dipandang oleh mata, oleh sebab itu bagaimana caranya membuat artikel tersebut?

Bagaimana menurut anda agar menulis artikel tersebut bisa bewarna dan mempunyai gairah baca yang tinggi?

Anda bisa bayangkan sendiri mana yang lebih menusuk dan tidaknya dalam kedua buah contoh paragraf diatas tersebut.

4. Artikel terlalu panjang tidak disertai dengan sub judul
Terkadang kita selalu meremehkan hal yang terkecil seperti membuat artikel yang sangat panjang tetapi kurang jelas, sehingga artikel tersebut terkesan acak-acakan atau tidak mudah difahami oleh pembaca. hal seperti ini dikarenakan artikel panjang tersebut tidak diberikan pendukung seperti sub-sub judul.

Misalkan anda membuat judul car membuat blog si blogspot lengkap dengan gambar.

Sebenarnya adat timur adalah suka berbasa-basi sebelum menyampaikan sesuatu kepada lawan bicara atau pembaca. basa-basi bukan sekedar basi melainkan penjelasan dengan dibumbui oleh sub judul contoh

Judul: Cara membuat blogspot lengkap dengan panduan gambar
Sub judul 1: Apa itu blogspot
Sub judul 2: Tujuan membuat blogspot
Sub judul 3: Pentingnya membuat blog di blogspot
Kembali lagi ke judul: Cara membuat blogspot dengan kata yang menarik (Berikut rincian detail cara membuat blogspot)

Jangan sekali-kali kita meremehkan para blogger yang selalu memberikan basa-basi seperti yang saya ketikan diatas tadi, karena penjabaran tersebut sangat erat kaitannya dengan kualitas artikel itu (Unix Artikel) dan untuk SEO sendiri, bisa anda ambil kesimpulan apakah kuat atau tidak untuk menulis artikel berkualitas seo seperti ini karena ada bumbu dari sub judul. perlu anda ingat panjang artikel bukan sekedar panjang-panjangan tapi buatlah panjang dan terarah.

Masa iya dalam judul artikel yang anda buat cara membuat blog di blogspot anda berikan sub judul pentingnya ada pisang goreng dalam blogspot.

Saya rasa penjelasan tentang 4 kesalahan utama saat menulis artikel di blog sudah cukup jelas, semoga artikel ini bisa menjadi sebuah refrensi yang bisa di terapkan pada blog anda.





Anda Berada di Label Seputar Blogger


9 comments:

  1. bener tuh gan! suka ada yang typo juga, Dan saat dibaca ulang tulisan seperti ngelantur :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibilang musik ke arab lagu ke turki ya gan
      biasa hal seperti itu gan, maklum saja kesalahan saat menulis artikel blog siapa tahu dia buru2 atau hanya menulis untu robot bukan manusia

      Delete
  2. Kalo saya mah gan gak pernah di word, soalnya ide kadang2 muncul tiba2...hehehe
    Nomor 3 masih saya lakukan..hmmm...
    Setuju banget sama no 4. Bahkan kalo artikelnya panjang saya buat daftar isi di paragraf pertama pake bookmark...keren gan jempol buat agan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika menulis di word maka kita akan mudah mengoreksinya jika ada kesalahan maupun ada kata-kata yang mubazir
      justru itu agar membuat pengunjung mengerti maksud yang kita buat, usahakan jika artikel panjang, maka gunakan sub-sub judul

      terima kasih kunjungan agan Boedak badoenk

      Delete
  3. ada lagi. yaitu tidak organik alias tidak original

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya apa gan Undi antara tidak organik atau tidak origina?
      devinisi organik dan original sendiri sangat jauh berbeda gan
      maaf saya gagal faham maksud dari agan diatas :D
      Organik pengunjung = mendapatkan pengunjung yang benar-benar dari hasil pencarian google

      originalitas = konten yang asli
      jadi?
      Asli saya gagal faham gan...

      Delete
  4. maoasih infonya gan.ijin bookmark sekalian.buat dijadiin pegangan :D

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home