Cara Memunculkan Widget Arsip Blogger


Arsip blog sangat penting untuk kita tampilkan di blog karena bertujuan untuk memudahkan pengunjung disaat mendatangi blog kita dan mencari judul sesuai mereka inginkan. biasanya archive pada blog selalu menampilkan bulan dan tahun sesuai yang diinginkan oleh pengelola blog itu sendiri. contohnya blog belajar berbagi ini. halaman arsip pada blog yaitu berupa widget yang mana letaknya di sidebar blogger.

Cara Memunculkan Widget Arsip Blogger

Mungkin saja menurut pakar blogger jika melihat tutorial seperti ini sudah sangat tertinggal sekali, akan tetapi saya tidak memperdulikan apa isi hati mereka, karena tujuan saya membuat blog ini untuk bisa dinikmati oleh orang banyak (baik blogger pemula maupun blogger menengah) namanya saja blog belajar berbagi, artinya setiap tulisan dari tingkat kecil ke tingkat yang besar harus bisa saya tulis meskipun banyak rintangannya.

Archive pada blog juga bisa kita modifikasi seperti memberikan scroll pada archive yang mana tujuan memberikan scroll archive tidak terlihat memanjang kebawah sehingga terlalu banyak memakan space sehingga bisa berdampak loading blog sedikit bertambah. maka dari itu, kita siasati bersama dengan memberikan scroll pada archive blogger tersebut dengan catatan munculkan terlebih dahulu widget anda agar bisa berjalan.

Selain memberikan scroll, kita juga bisa mengakalinya dengan cara menyembunyikan dan memunculkan widget blogger, yang mana tujuan ini untuk membuat blog terlihat lebih cantik untuk dipandang. misalkan anda berada di halaman home pada blog, maka widget akan terlihat sedikit. akan tetapi ketika anda mengklik salah satu judul, maka widget akan terbuka dengan sendirinya. cara ini juga sama saja yaitu harus munculkan terlebih dahulu widget tersebut agar bisa berjalan normal.

Langkah membuat arsip blog

Setelah anda memahami beberapa paragraf diatas seperti memudahkan pengunjung untuk mencari judul yang diinginkan. archive blogger juga sebagai syarat untuk mendaftarkan blog anda di google adsense selain populer post. yang mana tujuan ini sebagai salah satu navigasi-navigasi yang selalu google adsense katakan (halaman web/blog belum rampung) dan sebagainya.

Kurang dan lebihnya saya rasa anda sudah memahami manfaat untuk memunculkan widget arsip pada blog.

Berikut gambaran dibawah ini untuk memunculkan arsip pada blogger

Cara mudah membuat arsip pada blogger

Keterangan:
Langkah pertama adalah login ke blogger milik anda
Klik tata letak pada nomor 1
Dilangkah nomor 2, silahkan klik tambahkan gadget/widget
Klik Arsip Blog

Setelah itu anda akan ditemukan tulisan Konfigurasi Arsip, silahkan anda isikan seperti dibawah ini:

Judul Arsip : Archive Blogger
Gaya : Hierarki
Pilihan : Tampilkan Judul-Judul Entri
Frekuensi Arsip: Bulanan

Setelah setting konfigurasi selesai, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol simpan.

Mungkin seperti inilah cara memunculkan widget arsip pada blog, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan orang banyak setelah anda.





Anda Berada di Label Widget


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home