Cara Promosikan Blog agar Cepat Terkenal


Banyak cara yang dilakukan oleh blogger untuk promosikan blog nya di media online maupun offline yang mana bahasa tersebut sebagai teknik optimasi seo on page dan optimasi seo off page. banyak cara yang bisa anda lakukan agar blog kita yang tadinya belum terkenal kini bisa menjadi terkenal serta yang sudah terkenal, maka akan semakin terkenal. siapa sih blogger yang tidak ingin blog nya dikenali oleh orang banyak? tentu banyak hal yang mereka lakukan untuk promosi blog agar cepat terkenal yang pastinya memerlukan kerja keras, kesabaran dan ketekunan untuk mempromosikan blognya.
Cara Promosikan Blog agar Cepat Terkenal

Apakah optimasi seo on page dibutuhkan?
Optimasi seo on page untuk blogger sangat dibutuhkan, karena mampu menunjang kinerja halaman demi halaman yang telah kita buat seperti penataan title tag dan permalink, subjudul dengan heading, deskripsi halaman posting, tanda BIU, pemberian gambar pada postingan dan membangun internal link.

Tapi pada postingan kali ini tidak akan saya kupas secara tuntas maksud dari optimasi seo on page sendiri, karena anda bisa memanfaatkan menus search css pada blog belajar berbagi untuk mencari artikel yang berkaitan dengan seo on page tersebut.

Apakah optimasi seo off page juga dibutuhkan?
Optimasi seo off page juga mewakili dari optimasi seo on page. yang mana tujuan optimasi seo off page ini untuk mempromosikan situs anda secara off line (kegiatan sampingan disaat anda sedang tidak sibuk mengulik blog anda).

Sebenarnya optimasi seo off page pada tahun 2011 sangat dahsyat sekali untuk mendongkrak artikel saya melesat dengan kencang di search engine google, tapi setelah saya mencoba mengoptimalkan seo off page di 2016 ini, ternyata tidak segarang tahun-tahun lalu.

Bagaimana cara promosi blog biar terkenal

Promosi blog yang akan saya bahas kali ini tidak akan sulit seperti yang anda bayangkan, kuncinya hanya di RUTIN saja. misalkan anda tidak menulis artikel, maka dengan waktu yang senggang seperti ini, bisa anda lakukan untuk mempromosikan situs blog anda seperti promosi di sosial media, promosi dengan cara blogwalking, promosi blog di forum, selebihnya promosi yang bisa anda terapkan adalah dengan cara yang tertera diatas tadi yaitu seo on page dan off page. bagaimana cara saya melakukan promosi tersebut?

Cara promosi blog di sosial media

Yang perlu anda ketahui media sosial populer untuk promosi blog adalah dengan memanfaatkan facebook grup, twitter dan google plus. cara ini sering saya lakukan bahkan tidak pernah ketinggalan. mengapa demikian? karena cara ini cara yang efektif meskipun tidak segarang mendapatkan pengunjung dari google, bing dan yahoo. tapi yang perlu anda ketahui, dari pada robot yang datang menuju situs anda, lebih baik manusia. untuk dari itu agar manusia yang datang, maka jangan pernah meninggalkan yang namanya media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan blog anda.

Promosi di media sosial juga, tidak boleh sembarangan, karena kita juga perlu mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh CEO dari sosial media tersebut.

Promosi blog melalui grup facebook
Cara promosi melalui facebook yang saya lakukan adalah selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh member grup tersebut. hal biasa yang sering saya temui adalah pertanyaan seperti kenapa setiap paste link di status facebook selalu muncul XXXX dan tidak menunjukan nama atau author nya?

Disanalah kesempatan saya untuk menjawab pertanyaan tersebut. jawaban yang saya dapatkan adalah jawaban dari tutorial blogger yang saya temui di google. lalu saya berikan jawaban untuk memecahkan masalah mereka yang mana masalah tersebut masuk dengan nama blog saya yaitu belajar berbagi. setelah mereka terapkan dan berhasil, maka apa lagi selanjutnya yang saya lakukan? saya hanya memberikn link menuju situs saya dengan kata-kata yang sopan "syukurlah berhasil, jika kamu berminat datang ke situs saya, silahkan kunjungi blog saya. dan ini link menuju home page situs saya http://imoul.blogspot.com/. kritik dan saran, saya persilahkan karena untuk kemajuan kita bersama"

Jika promosi blog kita di media sosial sekaliber facebook dengan baik, maka respon positif bisa kita dapatkan, bahkan situs blog kita akan di bookmark oleh mereka yang telah kita bantu.

Memang saya akui hal seperti promosi ini sangat sepele, apa salahnya kita mencoba dari yang terkecil terlebih dahulu dan mengesampingkan urusan yang besar seperti mencari tutorial-tutorial di google yang mana pembahasannya sama saja yaitu promosi lah peluang untuk mendapatkan pengunjung. cerdaslah kita sebagai seorang blogger, jangan bernafsu tanpa memikirkan kemampuan kita sendiri.

Promosi blog melalui blogwalking
Siapa bilang blogwalking sekarang tidak berguna? dari mana argumen seperti itu didapatkan, silahkan pulangi kata-kata tersebut kepada yang menulisnya. sarana promosi blog melalui blogwalking sangat berguna jika kita berkomentar dengan baik dan benar, bukan berkomentar berbasa-basi, tapi berikanlah komentar yang serius untuk menanggapi artikel yang mereka bahas. sebagai contoh saja:

Anda membahas tentang cara kerja google adsense tapi anda mendapatkan komentar yang menjengkelkan seperti ini:

Wah mantaf gan informasinya dan sangat bermanfaat
Komentar seperti ini adalah komentar yang berbasa-basi atau komentar kentut bergaya multi level marketing "MLM".

Banyak cara kita untuk berkomentar yang baik seperti memberikan masukan, jawaban dari keluhan yang ditulis, bahkan kritikan pedas yang bertujuan bukan untuk provokator, malainkan demi kemajuan bersama.

Komentar yang relevan akan sama-sama membantu untuk mendongkrak topik yang sedang kita bahas tersebut dan menguatkan konten di mata search engine. alasannya sangat mudah! karena akan terangkat oleh padatnya keyword pada kolom komentar yang diberikan.

Agar saya tidak dinilai oleh anda sebagai omong kosong, sebaiknya anda pastekan kalimat ini di google "alasannya kenapa ente kena tolak google adsense" tanpa tanda kutip. apa yang anda lihat?

Alasan Mengapa Kena Tolak Google Adsense

Meskipun pengunjung meninggalkan jejak basa-basi, tapi saya membalasnya dengan tujuan menguatkan topik yang sedang saya bahas. apakah ini pengoptimalan SEO? bisa anda nilai sendiri dan anda juga bisa melakukannya.

Promosi blog melalui twitter dan google plus
Selain memanfaatkan grup facebook dan blogwalking, anda juga bisa mempromosikan blog dengan cara memanfaatkan media sosial twitter dan google plus.

Bagaimana cara menghubungkan blog ke twitter sebagai sarana promosi di media sosial? anda cukup memanfaatkan media feedburner terhubung ke twitter agar postingan secara otomatis update status di twitter tanpa cara manual. syaratnya anda diwajibkan untuk mendaftar feedburner terlebih dahulu agar promosi blog yang anda lakukan berjalan secara maksimal.

Selain promosi di twitter sudah diterapkan, maka cobalah memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh google yaitu google plus. bagaimana cara setting blog agar otomatis update status di wall google plus?

Coba login ke blogger » setelan » pos, komentar » gulung ke bawah » cari tulisan bagikan ke google + » bagi otomatis (YA) » ingatkan berbagi setelah pengeposan (Tidak) » simpan setelan dasbor blog anda.

Promosikan blog melalui forum
Banyak forum-forum yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan situs blog anda seperti kompasiana, kaskus, viva, detik. promosi melalui forum juga sama seperti promosi link di facebook, yang membedakannya adalah menulis artikel saja, sama seperti menulis pada blog. jika anda mempunyai sejuta ide kreatif untuk menulis, maka jangan buang kesempatan untuk promosikan situs blog anda di forum tersebut.

Promosi juga harus ada aturannya. seperti menulis artikel yang relevan minimal 3 paragraf, lalu pada selah di bagian paragraf posting, anda sematkan link yang menuju ke situs anda. utamakan berikanlah link relevan dengan yang anda bahas di forum tersebut.

Jika anda tidak mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh admin forum, maka besar kemungkinan akun anda akan di banned.

Cara promosi pada forum sudah saya lakukan pada tahun-tahun lalu, dampaknya untuk blog adalah mendapatkan trafik pengunjung dari forum yang menyukai artikel kita.

Banyak rahasia untuk menjerat pengunjung forum tersebut bisa nyasar ke situs kita. salah satunya adalah memberikan konten yang kontroversial tapi jangan asal-asalan.

Sekian informasi spektakuler tentang cara promosikan blog agar cepat terkenal di kancah maya ini. semoga informasi yang syaa berikan, bisa bermanfaat untuk anda, khususnya saya sendiri.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


7 comments:

  1. 86 gan , poin promosi blog ke forum belum ane coba. maklum ane pemula , terkadang nama yang aneh aneh atau scrip tulisan alien membuat pening kepala. kalau disuruh masuk hutan ane suka. thank infonya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang script html pada blog gua perlu kita perhatikan mas, tujuannya untuk menoptimalkan blog kita. untuk dari itu, silahkan anda coba untuk mempromosikan situs blog anda di forum. semoga berhasil

      Delete
  2. Ane jg di tolak ..
    Konten saya tolak belakang sih hahhha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tetap semangat keep strong mas

      Delete
  3. ane masih bingung dengan Author gan, hehehe
    pas saya edit di HTML dngan nama saya, nnti pas copy paste ke FB yg keluar nama saya terus, pdahal saya pnya beberapa author... hehe
    ini blog saya, barangkali ada masukan gan :)
    www.catifo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah di setting pada templatenya, maka silahkan anda coba debug di facebookdengan cara kunjungi link ini https://developers.facebook.com/ lalu msukan url situs anda.

      Delete
  4. makasih kak sangat berguna buat jualan saya www.vnfclothing.com

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home