Apa itu yang dimaksud Dengan SEO


SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau mengoptimalkan sesuatu nama situs atau judul halaman di mesin pencari. Search Engine Optimization sendiri banyak yang mengklaim dengan penelusuran pada mesin pencari google, sebenarnya itu sebuah anggapan yang keliru dan juga anggapan yang tidak keliru 90% "google" 10% "mesin cari lainnya". banyak para webmaster yang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di mesin penelusuran seperti yahoo, bing, yandex, aol, ask, overture, baidu, live, dan tak kalah penting adalah google yang sering kita gunakan untuk mencari informasi.

Tak heran, seseorang yang sudah mahir di bidang webmaster selalu berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi unggul di mesin telusur. sebagai contoh, anda mencari beberapa tutorial seputar blogger, tentu anda akan mengklik dari urutan pertama sampai sepuluh di halaman pertama "page one" apapun jenis mesin telusur nya.

Apa itu Seo

Semakin sering judul anda masuk di page on mesin pencari, maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan pengunjung.

Mungkin anda pernah melihat ketikan, mendengar ucapan sesama blogging atau webmaster yang selalu membahas tentang blog seo friendly, template seo friendly, postingan seo friendly dan seo-seo friendly lainnya? jika anda pernah, sebaiknya jangan anda dengarkan dan lihat saja apa yang mereka sampaikan, tapi yang perlu anda lakukan adalah bertanya kepada mereka bagaimana menerapkan sebuah mahluk yang bernama SEO.

Ingat, konteks kita saat ini sedang membahas SEO "Search Engine Optimization" bukan nama Seo Kang Joon yang mana jika di bahasa Indonesia kan artis korea tersebut menjadi Seo Kang "kakak" Joon "nama tetangga saya".

Ada beberapa ratusan teknik-teknik SEO yang perlu anda pelajari, tapi pada umumnya disini akan saya berikan dua buah catatan kecil yang terangkum di SEO on page dan SEO off page.

Apa itu SEO On Page

Setelah anda mengetahui sedikit apa itu yang dimaksud dengan SEO, maka disini akan saya jelaskan cabang dari seo itu sendiri yaitu SEO On Page.

Optimasi Seo On page adalah sesuatu yang anda kerjakan di dalam situs anda sendiri, karena seo on page ini melibatkan dari:

Template: jika anda sedang membangun sebuah blog, maka usahakan anda mencari template yang sudah lengkap atau yang saya sebutkan diatas tadi yaitu template blog seo friendly. banyak template yang bisa anda gunakan baik free maupun yang berbayar.

Title Tag: semakin padat judul "title tag", maka semakin kuat juga judul tersebut untuk masuk di mesin pencarian google. usahakan jika anda membuat sebuah judul postingan, jangan yang tidak sering dicari orang, melainkan buatlah judul yang sering dicari orang banyak seperti tips dan trik blogging atau sebagainya.

Permalink: yang dimaksud dengan permalink adalah ketika anda menemukan sebuah judul di mesin pencarian, maka anda klik judul tersebut, pada addres bar itulah yang dimaksud dengan permalink. sebagai contoh http://imoul.blogspot.co.id/2016/06/trik-seo-onpage-untuk-pemula.html.

Warna hijau: url situs (home page)
Warna biru: tahun dan bulan (tahun dan bulan penerbitan artikel)
Warna merah: judul yang sudah dipisahkan dengan - "hyphen"

Agar optimasi seo on page pada permalink berjalan lebih baik, maka usahakan link tersebut jangan sampai terputus.

Untuk lebih lengkapnya lagi, dalam mengenal Optimasi Seo On page sebaiknya anda baca 6 trik seo paling mudah untuk pemula

Apa itu SEO Off Page

Seo Off page cara kerjanya tidak seperti menerapkan seo on page seperti diatas. karena tugas dari Seo Off page dilakukan ketika anda tidak sibuk mengutak-atik situs anda. tugas dari penerapan seo off page ini adalah:

Blokwalking: pernah anda melihat tulisan istilah BW di kamus blogging? bw adalah blogwalking, bukan bumi waras. blogwalking dilakukan ketika kita tidak sibuk mengurus blog, melainkan berkunjung ke blog orang lain yang mempunyai niche sama dengan blog kita, seperti memberikan komentar.

Forum: berkunjung ke sebuah forum dan menulis di forum tersebut dengan catatan memberikan backlink yang menuju situs kita.

Medsos: seo off page bisa dilakukan di media sosial seperti mempromosikan situs kita di fanspage, memberikan komentar di status orang lain dan sekaligus promosikan link di grup facebook.

Selain media sosial seperti facebook untuk mencari trafik dengan cara seo off page, anda juga bisa memanfaatkan twitter anda dengan memberikan #hashtag yang lagi populer.

Baca: Cara optimasi seo off page

Seperti itulah kurang dan lebihnya cara yang sering saya lakukan untuk mempopulerkan blog belajar berbagi ini. tidak ada cara lain, selain cara mengetahui lebih dalam lagi apa itu yang dimaksud dengan seo.

Semoga bermanfaat.





Anda Berada di Label Seo Konyol


2 comments:

  1. keren nih sangat menarik

    https://bawahappyaja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Thanks dan maaf saya tinggalkan jejak sapa tau mau berkunjung https://my-fxart.blogspot.com/ -/\-

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home