Tools Produk Google Yang Berkaitan dengan Blog


Sebagai seorang blogger yang baru memulai dunia blogging, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu beberapa tools penting yang sangat erat kaitannya dengan blog anda. mengapa demikian? karena pada beberapa tahun terakhir ini banyak para blogger yang tidak lepas dari melihat kinerja situsnya di bagian produk google dibandingkan dengan tools-tools lainnya. semakin kita mendalami produk google, maka kita akan semakin mengetahui sebatas mana kemampuan kita untuk bersaing dengan blogger lain yang sudah ada di internet.

Yang perlu anda ketahui, jadikanlah kompetitor anda dimesin pencari sebagai ladang sebuah ilmu pengetahuan anda di dunia blogging, bukan menjatuhkan nya dengan cara-cara yang tidak baik "curang" agar blognya dihapus atau dibanned oleh google. karena jika kita mencurangi mereka, maka secara tidak langsung kita menghapus ladang ilmu tersebut. sebaiknya bersainglah dengan cara-cara yang sportif, yang mana jika anda melakukan dengan baik dan sportif, maka tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan ilmu yang lebih dari mereka.

Tools produk dari google yang akan saya sajikan ini gratis "tidak dipungut biaya sedikitpun". akan tetapi dengan syarat, anda membaca tulisan ini sampai dengan selesai jika anda ingin mengetahuinya.

Google Webmaster Tools

Google webmaster tools adalah sebuah fasilitas yang diberikan sepenuhnya kepada pengguna yang sudah terdaftar didalamnya. kegunaan dari google webmaster tools itu sendiri untuk mengetahui langsung kinerja website, blog yang sudah terdaftar. jadi, jika anda belum merasa mendaftarkan website dan blog anda di google webmaster tools, maka silahkan anda daftarkan segera.

Google Webmaster Tools

Ada beberapa fasilitas yang umum saya gunakan untuk mengetahui kinerja blog di dalam webmaster tools, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Tampilan Penelurusan » Penyempurnaan HTML
Ketika saya memasuki google webmaster tools, maka langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek penyempurnaan HTML di dalam webmaster tools tersebut. yang mana kegunaan dari penyempurnaan HTML ini untuk mengetahui potensi masalah pada halaman, mengecek duplikat tag judul, konten dan sebagainya. (baca: Informasi Lainnya)

B. Lalu Lintas Penelurusan » Tautan Ke Situs Anda
Langkah diatas ini sering saya lakukan untuk mengetahui situs mana saja yang sudah menautkan ke blog saya seperti orang yang memberikan backlink, berkomentar. jika anda sudah mendaftarkan website dan blog anda di webmaster tools, anda juga akan bisa memanfaatkan tools produk google yang satu ini.

Sebenarnya ada sebuah situs yang menurut saya terlalu berlebihan yang menautkan ke blog belajar berbagi dengan capaian 1.152 yang menaut dalam 1 tautan menuju imoul.blogspot.com. 

Menurut saya tautan diatas sangat tidak wajar, maka saya berhak penuh untuk disavow situs tersebut (baca: Cara mencegah link asing menuju blog kita)

C. Google Indeks
Saya sering memerikan google indeks di dalam webmaster tools. karena saya akan mengetahui status indeks, kata kunci konten, sumber daya yang diblokir, hapus URL.

D. Perayapan
Menurut saya, di sinilah yang paling penting, karena di dalam perayapan webmaster tools, kita dapat mengontrol penuh blog kita apalagi masalah dalam pendeteksian kinerja situs seperti

  • Memonitor kesalahan perayapan
  • Statistik perayapan
  • Ambil sebagai google
  • Penguji robot.txt
  • Peta situs
  • Parameter url

Artinya, ketika blog kita sudah di daftarkan di webmaster tools, kita akan mengetahui kinjerja situs kita dari A sampai dengan Z. dan disana juga anda akan diberikan solusi atau pemecahan masalah yang anda alami pada blog anda dengan mengklik tautan-tautan yang diberikan oleh google webmaster tools

Google Analytics Untuk Memantau Prilaku Pengunjung Blog

Google Analytics bagi saya sangat bermanfaat sekali, karena saya bisa mengetahui prilaku pengunjung yang datang ke blog belajar berbagi seperti halnya anda mengetahui pengunjung aktif, sumber daya yang datang baik dari facebook, mesin pencari google, yahoo, yandex, bing dan lain-lain. tapi, google analytics ini lebih lengkap dan real yang akan ditampilkannya (kunjungan nyata yang ditampilkan)

Google Analytics Untuk Blog

Jika anda tidak percaya, maka silahkan daftarkan blog ke google analytics segera. untuk mendaftarkan blog anda di google analytics gratis "tidak dipungut biaya sepeserpun".

Pagespeed Insights Google

Salah satu layanan dari google adalah pagespeed yang mana pagespeed ini untuk mengetahui apakah website atau blog anda mempunyai kecepatan standart yang cukup baik seperti menampilkan dari seluler maupun desktop.

Jika anda ingin mencoba mengetahui pengalaman pengguna yang datang ke blog anda, maka tidak ada salahnya anda mencoba tools yang satu ini "pagespeed insights google".

Masukan URL blog anda dan klik Analisis.

Pagespeed sering saya gunakan minimal sebulan sekali. tapi, selagi anda mengklik blog anda tidak ada masalah dan loading biasa saja "standart". saya rasa, sah-sah saja tidak anda terapkan karena selagi tidak menganggu pengindekan, maka tidak akan menjadi masalah.

Struktur data testing Tools

Alat penguji data tersetruktur jarang saya gunakan, tapi tidak menutup kemungkinan akan saya gunakan setelah saya merubah struktur di dalam template blog belajar berbagi seperti memasang breadcrumbs, markup blog, markup blogposting dan yang berhubungan dengan markup template.

Cara menggunakan struktur data testing tools sangat mudah dan gratis, silahkan kunjungi Uji data tersetruktur data dan masukan url home atau url postingan anda untuk mengujinya, apakah ada yang error atau tidak.

Struktur data Testing Tools

Gambar diatas adalah gambaran halaman home dan halaman posting blog belajar berbagi.

Jika anda mendapati error, silahkan anda perbaiki dengan cara mencarinya di google dengan kata kunci "cara memperbaiki struktur data blog yang error"

Disana banyak variasinya, jadi jika anda ingin memperbaiki sebaiknya kumpulkan tutorial yang anda temukan di google mencapai 5 buah blog yang membahas tentang struktur data yang error. karena beda template, beda juga cara memperbaikinya.

DMCA-Google

DMCA Google ini bertujuan untuk melaporkan tindak pencurian konten. jika anda menemukan salah satu atau seluruh isi konten anda 100% di RAMPOK oleh TUKANG RAMPOK, maka DMCA-Google ini jawaban terbaik untuk melaporkannya.

Biasanya setelah anda melaporkan tindakan pencurian konten ke DMCA google, maka untuk melihat laporan apakah sedang diproses atau tidak, silahkan coba untuk mengeceknya di transparency report

Saya rasa 4 poin diatas adalah produck google yang sering saya pakai bahkan blogger-blogger lain pakai.

Sekian perkenalan tools produk google yang berkaitan dengan blog. semoga informasi ini bisa anda manfaatkan dan kembangkan di blog anda. Terima Kasih dan tidak lupa saya ucapkan "sudah gitu aja"





Anda Berada di Label Berita Blogger ,Webmaster


1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home