Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Sudah Terindex Google


Terkadang kita selalu berpikir dan malas untuk ngeblog lagi karena blog kita sangat sepi oleh pengunjung. sering saya menemukan keluhan-keluhan seperti ini di beberapa forum online, grup facebook dan media virtual lainnya. blog saya sepi, meskipun rata-rata artikel saya sudah terindex oleh google semua. terindex dan tidaknya itu bukan masalah penting "butuh proses", akan tetapi bagaimana kita bisa mengetahui penyebab blog tersebut kenapa selalu sepi dari daya klik di mesin pencari google.

Menjadi seorang blogger, memang butuh kerja keras selain membuat blog, menulis artikel. tapi bagaimana cara kita memperlakukan blog kita sendiri agar mampu mempunyai daya klik di mesin pencari. memang sangat sulit, bagi seorang blogger pemula, dan sangat mudah bagi orang yang sudah terbiasa melakukannya.

Akan tetapi anda jangan berkecil hati. anda menemukan judul ini dan mengkliknya dari mesin pencari ataupun dari hasil blogwalking itu dikarenakan anda sudah menaruh harapan bahwa blog belajar berbagi inilah sebagai ladang pengetahuan dan jawaban yang luas untuk memecahkan setiap masalah yang ditemukan.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Sudah Terindex Google

Jika anda sudah mencari keyword seperti diatas "gue melamun karena blog gue sepi pengunjung bro" artinya anda sudah putus asa, karena google tidak akan menunjukan jawaban dari keluhan tersebut kepada anda. maka dari itu, silahkan anda mencari kata kunci lain seperti meningkatkan visitor organik dari google dan bertanya di komentar untuk mengatasi masalah blog anda sepi pengunjung meskipun blog sudah sepenuhnya terindex oleh google.

Penyebab blog sepi pengunjung dan solusinya

Trafik atau pengunjung yang menuju situs blog anda sangatlah penting, apalagi blog anda sudah mempunyai iklan adsense. sangat disayangkan sekali jika tidak ada sama sekali pengunjung yang datang ke situs anda, mungkin inilah penyebab anda frustasi dan terkadang membuat komentar sendiri atau mengklik iklan adsense anda sendiri. jika anda mengalami hal seperti ini, maka saya rasa pasien di rsj akan bertambah dan anda akan menjadi kepala kamarnya. mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi "stres karena blog"

Ada beberapa faktor penyebab blog sepi oleh pengunjung diantaranya adalah sebagai berikut:

Blog menyajikan seputar berita
Blog yang menyajikan berita seperti ini, memang tidak selamanya bertahan. karena akan dikunjungi hanya beberapa saat saja ketika berita tersebut sedang populer seperti bom bunuh diri di madinah kemarin. maka sah-sah saja anda membuat judul seperti ini, tapi yang perlu anda perhatikan apakah judul seperti ini akan mempunyai daya tahan dalam waktu yang lama?

Yang perlu anda ingat, kita membuat blog, bukan website seputar berita.

Solusinya adalah buatlah blog yang memang membahas tentang keabadian. keabadian yang saya maksud adalah blog yang berisikan informasi yang bertahan lama seperti tips dan trik, tips kecantikan secara alami, seputar lowongan kerja, cara-cara seperti cara membuat blog, cara mendapatkan uang dari internet dan lain sebagainya.

Loading blog berat seperti tronton
Blog banyak memberikan kode HTML yang tidak perlu seperti menambahkan script komentar bawaan facebook, widget-widget yang tidak jelas asal usulnya.

Disini saya katakan, jika orang sudah tertarik dengan judul anda di search engine, lalu mencoba untuk mengkliknya tapi loading blog anda berat, maka mereka akan urungkan untuk kembali lagi ke situs anda. kecuali blog anda memang sudah populer baik di mesin pencari google maupun di media sosial.

Meskipun sudah populer juga tidak akan menjadi jaminan pengunjung akan datang, karena masih banyak blogger-blogger lain yang membahas seputar informasi yang sama, maka pengunjung tetap akan berpindah kelain hati.

Solusinya adalah buatlah blog anda senyaman mungkin, buanglah kode-kode script yang tidak perlu, cukup tambahkan saja widget populer post dan archiv blog yang mana widget ini bermanfaat untuk blog anda sendiri.

Ingat. blog kita ini bukan blog fashion, tetapi blog yang berisikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Judul dan Deskripsi blog anda kalah bersaing dengan milik orang lain
Disinilah masalah inti mengapa blog anda sangat sepi pengunjung meskipun judul yang anda buat sama-sama menduduki di peringkat teratas google (page one).

Jika anda membuat judul yang sama usahakan bagaimana blog anda mempunyai sedikit perbedaan seperti awal judul dan akhir judul. misalkan:

Judul orang : Cara meningkatkan visitor organik dari google
Maka kembangkanlah judul itu menjadi judul kreasi anda sendiri "Rahasia meningkatkan visitor organik dari google"

Kenapa bisa begitu?
Padahal saya ingin sekali memakai kata kunci cara bukan rahasia

Solusinya adalah meskipun anda ingin menembak keyword cara meningkatkan visitor organik, tidak ada salahnya anda memakai rahasia meningkatkan visitor organik dari google, karena kata cara nanti anda masukan di dalam deskripsi penelusuran blog anda saat menulis artikel.

Ingat, kata cara sudah pasaran, kalau rahasia maka orang akan berpikir (wah, ternyata ada rahasia di balik judul ini) mereka tidak akan berpikir panjang lagi untuk mengklik judul anda. sehingga keyword cara tersebut akan tergeser dengan rahasia.

Saya rasa ketiga buah penyebab tersebut adalah hal yang perlu anda hindari jika sedang berusaha mengejar daya klik pengunjung di mesin pencari google. selebihnya bisa anda temukan ditempat blogger lain yang membahas seputar informasi penyebab blog sepi pengunjung meskipun sudah terindex google. siapa tahu mereka bisa memberikan informasi yang lebih lengkap lagi.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


7 comments:

  1. Ok punya saya juga sepi gan sama donk.
    Salam kenal

    www.edybagus.ga

    ReplyDelete
  2. Inilah nasib yang saya alami... Uuhhh... Nasib nasib...

    ReplyDelete
  3. Terima bang atas pencerahannya, kalo saya sendiri mengelola blog yang niche-nya masih gado-gado,udah lebih dari 2 tahun dan kontennya sudah lebih dari 120 ,tapi tetap aja masih sepi pegunjung. kosong.https://www.aindmutaqind.blogspot.com,mohon pencerahannya bang kira-kira penyakit blog saya ada di poin berapa.

    ReplyDelete
  4. Blog ini sendiri sepi mencekam kalbu, gimana ni?

    ReplyDelete
  5. Ini keluhan aku dari sejak lama.
    Thx gan, kunjungi balik y

    ReplyDelete
  6. makasih gan, jgn lupa mampir masdejay.com

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home