Penyebab Blog Tidak Terindex di Google dan Mengatasinya


Salah satu faktor penyumbang untuk kita malas ngeblog adalah blog yang susah payah kita kelola tidak terindex oleh mesin google dan seluruh postingan rata-rata yang kita publikasikan juga tidak muncul di hasil pencarian serp. menurut pengalaman saya pribadi, sebagian orang yang mencari informasi di mesin pencari google, dia akan menghabiskan beberapa halaman dari 1-5 untuk mencari yang relevan. tetapi sangat disayangkan sekali blog dan artikel yang sudah anda terbitkan tidak muncul di pencarian tersebut, sehingga jauh untuk mendapatkan pengunjung karena tidak terindek oleh google.

Penyebab Blog Tidak Terindex di Google dan Cara Mengatasinya

Jika blog anda tidak terindex oleh google, maka secara otomatis anda akan membuat blog baru atau berpindah ke layanan blog lainnya. sebaiknya urungkan niat anda untuk membuat blog baru atau berpaling dari blogger.com. sebab, sama saja anda akan mengulangi semua dari nol. sebaiknya lanjutkan saja blog yang sudah ada, karena disini akan saya beritahukan penyebab umum dan cara mengatasi blog yang sulit terindeks oleh google engine sampai tuntas dan semoga bisa berhasil.

Kenapa blog tidak terindex google?

Kalau masalah tidak terindex atau belum terindex oleh google, itu bukan masalah besar. menurut saya yang menjadi masalah besar ketika kita mengalami hal terburuk yaitu dibanned atau dihapus oleh google dan anda juga harus mengetahui penyebabnya, mengapa google bisa menghapus dan membanned blog anda. akan tetapi konteks nya disini berbeda yaitu kenapa sih blog tidak terindex oleh google.


Berikut akan saya berikan penyebab umum yang membuat blog atau postingan kita sulit terindex oleh google engine. diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Blog anda belum sepenuhnya terdaftar dan mensubmit peta situs anda di webmaster tools. jika anda belum mendaftarkan blog anda di webmaster tools, maka silahkan anda daftarkan blog anda disana. jangan takut anda akan dikenakan biaya pendaftaran oleh google, karena disana gratis dan aman, selagi kita mengikuti ketentuan webmaster guidelines
  • Blog kita kalah bersaing dengan blog lainnya. cara mengatasinya adalah ketika anda membuat sebuah blog, pastikan nama blog yang anda target jarang atau tidak ada sama sekali dengan nama blog yang ingin anda buat. lalu, setelah benar-benar nama blog anda tentukan, maka langkah selanjutnya adalah buatlah halaman home tersebut cepat terindex oleh google dengan cara (baca: agar halaman beranda diindex oleh google) disini sudah saya jelaskan step by stepnya dari tingkat pemula hingga tingkat master.
  • Blog sering melakukan tindakan yang melanggar ketentuan dari blogger, yaitu seperti ping terlalu berlebihan setelah menerbitkan artikel sehingga blog anda dinilai sebagai spam. solusinya adalah untuk apa melakukan ping secara massal jika dari webmaster sendiri sudah menyediakan senjata ampuhnya yaitu fetch as google atau ambil sebagai google. (Baca lagi: Cara agar postingan blog cepat terindex oleh google) saya melakukan hal seperti ini setiap habis update artikel
  • Blog anda dinilai sebagai blog penyebar pishing, malware, dan sebagainya. solusi yang saya dapatkan dari forum bantuan google indonesia yang dijawab oleh Wilfirmus Binaul, untuk mengecek apakan blog kita terindikasi sebagai blog pishing, malware, sebaiknya silahkan anda cek di https://aw-snap.info/file-viewer/ lalu masukan url anda dan tekan enter. biarkan proses scan berjalan.

Saya rasa dari keempat poin diatas tersebut sudah mewakili penyebab blog tidak terindex oleh google.

Kesimpulannya adalah jika kita ingin bermain aman di dunia blogging, sebaiknya patuhi terlebih dahulu kebijakan yang sudah ditetapkan oleh team blogger untuk anda pelajari dan terapkan. peraturan yang mereka buat mutlak harus kita ikuti agar kita terhidar dari de index google, semakin kita mengikuti peraturannya, maka semakin besar peluang kita menduduki peringkat di hasil pencarian google minimal page 2 - page 5 itu sudah lebih baik dari pada tidak ada sama sekali.

Sekian informasi paling spektakuler tentang penyebab blog tidak terindex oleh google yang saya bagikan ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan bisa kita sama-sama saling belajar berbagi. happy blogging.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger ,Webmaster


18 comments:

  1. Postingan masih sedikit, haruskah daftar ke webmaster?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan sebelum posting saja diharuskan daftar ke webmaster gan

      Delete
    2. daftarin aja mba nuriyanti, biar cepet terindex, soal jumlah postingan tidak masalah, malah itu lebih baik buat kedepannya

      Delete
  2. terima kasih banget gan informasinya, sudah hampir 3 bulan saya membangun blog tapi artikel tidak terindex google, pas saya lihat ternyata blog saya mengandung malware, akhirnya saya pakai trik agan yang ke empat yaitu scan malware.
    dalam hitungan menit semua sudah teratasi.padahal hampir putus asa. sekarang semua sudah maknyos,
    sekali lagi terima kasih atas ilmunya. semoga lebih bermanfaat lagi. salam kenal dari orang kepo

    ReplyDelete
  3. Kak, aku sudah buat blog,tapi waktu aku cari di Google, kok tidak ada, ya?

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat gan .

    www.masegi.org

    ReplyDelete
  5. Kira kira butuh waktu berapa lama buat google index blog kita setelah daftar webmaster ... Blog ane udah di submit disana tapi belum keindex sama sekali

    ReplyDelete
  6. Saya sudah membuat nlog sekitar 2 minggu,,aetikel sekitar 14 biji,,,tapi belum ada satupun yang terindex digoogle,,,apa ini normal?

    ReplyDelete
  7. Blog saya sudah ganti judul. Namun bila di search dengan judul baru, blog tidak muncul ? Bagaimana ya ?.

    ReplyDelete
  8. Menarik sekali Artikelnya dan sangat berguna untuk saya

    ReplyDelete
  9. maaf yaa gan numpang nanya, kok skrg webmaster versi baru gak bisa submit link html yaa? dan cara mengatasi nya gimana? soalnya saya biasa pakai versi lama nya success kalau pakai versi baru kok error gitu

    ReplyDelete
  10. mampir gan, radargerakan1.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Tapi blog saya udah di daftar kok masih aja ngak bisa .. R-BlogID - Blogger Simpang Yul - Rudi Blog ID http://r-blogid.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home