Cara Agar Blog Mendapatkan Sitelink Di Google


Sekarang yang lagi trend di komunitas blogger indonesia on facebook adalah mereka yang selalu menanyakan bagaimana cara mendapatkan sitelink pada sebuah website atau blognya. tapi sangat disayangkan sekali, banyak dari mereka yang menanyakan seputar sitelink yang baru saja membuat blog. secara tidak masuk akal, bagaimana bisa mendapatkan sitelink jika masih 1 atau 10 postingan yang baru diterbitkan. sampai saat ini saja belajar berbagi masih belum mampu untuk mendapatkan sitelink karena disebabkan beberapa faktor yaitu postingan masih mencapai 107 serta rata-rata konten blog belajar berbagi masih pada posisi page 2-5 search engine google.

Memang pada saat tahun 2010 silam sangat mudah untuk mendapatkan sitelink. bahkan blog yang baru berumur 3 bulan saja mampu mendapatkan sitelink, meskipun konten-konten yang mereka terbitkan tergolong biasa saja. tapi sekarang (2016) kita perlu berpikir serta bekerja keras untuk benar-benar menjadi yang terbaik di mesin pencari google sehingga google memberikan hadiah yang berupa sitelink di hasil penelusuran nya

Contoh Gambar Situs Yang Mendapatkan Sitelink di Google

Apa itu sitelink?

Sitelink adalah sebuah kumpulan judul, sub judul, menu navigasi atau link-link dari judul yang secara tidak langsung masuk di penelusuran google ketika kita mengetikan sebuah nama situs halaman beranda blog yang terindex atau memiliki reputasi baik di mata google, maka akan memunculkan link yang terkait didalamnya seperti gambar diatas tersebut.

Google memberikan sitelink pada sebuah situs yang mana situs itu sangat berkualitas dimata google atau yang sering di temukan di page one atau yang sering di klik oleh pengunjung sehingga akan menjadi jalan pintas bagi mereka untuk membaca artikel terkait di dalamnya

Bagaimana cara mendapatkan sitelink blogger?

Disini saya tidak secara mutlak memberikan langkah-langkah bagaimana cara mendapatkan sitelink dari google untuk blog anda. tapi setidaknya saya memberikan informasi yang bisa anda terima dan terapkan di situs blog anda serta sama-sama belajar bagaimana kita bisa mendapatkan sitelink secara bersamaan.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan sitelink

  • Usahakan terlebih dahulu halaman home page blog terindex google. karena jika halaman home page yang terindex oleh google di urutan pertama pencariannya, maka secara tidak langsung kita sudah membangun pondasi agar artikel lainnya mampu menduduki peringkat google. semakin baik kualitas konten yang kita buat, maka semakin cepat untuk mendapatkan sitelink.
  • Carilah nama blog anda lain dari yang lainnya. tujuan membuat nama blog lain dari yang lain adalah sebagai cara pintas mendapatkan sitelink dengan cepat. jangan seperti nama blog "belajar berbagi", karena saya sendiri masih butuh waktu lama untuk menggeser beberapa keyword home page yang sama dengan blog saya.
  • Dari beberapa tutorial yang sering saya temukan pada waktu itu adalah mampu mengoptimalkan blog kita dengan cara menerapkan teknik Seo On Page dan Seo off Page. yang mana tujuan optimasi seo on page dan optimasi seo off page ini mampu mendongkrak popularitas halaman demi halaman blog kita.
  • Perkenalkanlah blog kita di google search engine dengan cara mendaftarkan situs di webmaster tools yang bertujuan untuk mensubmit sitemap.xml dan atom.xml blog kita di webmaster tersebut.
  • Membuat navigasi-navigasi yang jelas seperti kontak, tentang, daftar isi. yang mana navigasi-navigasi seperti ini sering di klik oleh pengunjung yang datang ke situs anda. perlu anda ingat, semakin sering di klik, maka semakin popular menu-menu navigasi yang tersedia di blog anda.
  • Berusaha sebaik mungkin menulis artikel atau update artikel di blog anda. tapi, bukan sekedar artikel-artikelan yang anda tulis, melainkan artikel yang baik serta hasil sendiri.
  • Berikanlah informasi yang bermanfaat untuk pembaca serta relevan (Judul A, maka Isinya Juga Membahas A dan Bukan B) "OOT". artinya disini kita memberikan pengalaman yang baik untuk pembaca, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama dan bahkan akan mencoba untuk follow atau berlangganan artikel situs kita.

Dari sekian poin-point diatas tentang cara agar blog mendapatkan sitelink dari google belum semuanya benar, butuh kerja keras dan mungkin banyak yang kurang serta perlu ditambahi lagi. jika anda memiliki pengalaman yang sama bagaimana mendapatkan sitelink, maka tidak ada salahnya berbagi bersama dengan pembaca lainnya di blog ini. terima kasih dan happy blogging





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


6 comments:

  1. jadi begitu gan, ijin coba dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba saja cara mendapatkan sitelink dari google diatas tersebut fitroh satrio kalau memang mau mencobanya

      Delete
  2. Gan kalau untuk web wordpress bagaimana cara nya

    ReplyDelete
  3. gan kalau untuk blog wordpress bagaimana ya cara nya?

    ReplyDelete
  4. gan kalau untuk web wordpress bagaimana ya cara nya?apa sama saja seperti blogspot

    ReplyDelete
  5. untuk blog wordpress sama tidak caranya gan?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home