Rahasia Mempertahankan Posisi Blog di Google


Terkadang kita sebagai blogger selalu berpikir dan bertanya baik di forum, grup, atau komentar di blogger lain untuk menanyakan bagaimana cara mempertahankan peringkat atau judul blog kita di mesin pencarian google, selalu jarang sekali menemukan titik terang. memang perlu kita ketahui, algoritma google selalu berubah-ubah setiap waktu yang mereka inginkan. akan tetapi semua itu tidak akan pernah terbuka, karena sudah menjadi rahasia tersendiri bagi masing-masing blogger.

Pernah anda mencari keyword-keyword tertentu di mesin pencari, atau mengetikan keyword yang sama di google, akan tetapi yang selalu bertahan di serp adalah blog itu saja tanpa bisa digeser oleh blogger lain, bahkan bisa meloncat ke peringkat yang lebih baik lagi di mesin pencari google? jika anda pernah, itulah yang saya maksudkan dari judul yang saya buat ini.

Memang untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari sekaliber google adalah hal yang sangat sulit dikarenakan butuh kerja keras. beda halnya dengan blogger-blogger yang sudah baik di kelasnya.

Tapi semua itu tidak menutup kemungkinan anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti mereka, jika anda mau. kalau hanya untuk membuat halaman beranda terindex google atau agar postingan baru cepat terindex google itu bukan perkara yang sulit jika anda menerapkannya dengan benar.

Arti dari menerapkan dengan benar yang saya maksud adalah sering-seringlah anda membaca tulisan orang lain dari pada disibukan mengusili atau menggerutu karena kalah bersaing oleh mereka.

Seharusnya blogger-blogger hebat seperti mereka yang selalu bertahan di posisi terbaik google, bukan dijadikan musuh abadi, akan tetapi dijadian sebuah ladang sumber ilmu untuk kita ketahui bagaimana cara dia mampu melakukannya.

Jika anda ingin seperti mereka, maka silahkan dekati dengan cara yang baik.
Jika hanya ingin menganggap mereka sebagai musuh, maka silahkan cari tempat ladang ilmu yang melebihi mereka.

Rahasia Mempertahankan Posisi Blog di Google

Tujuan saya membocorkan rahasia cara mempertahankan posisi blog di search engine google bukan berarti saya ingin diakui sebagai guru atau master, meskipun saya seorang guru Komputer dan Internet di SMP N, Prov Lampung. melainkan membagikan apa yang pantas saya bagikan kepada anda.

Bagaimana mempertahankan posisi blog di SERP?

Seperti yang saya katakan diatas tadi, jika anda ingin melakukannya maka silahkan baca tulisan ini sampai selesai. karena saya menulis bukan hasil dari uji coba orang lain lalu saya buat posting yang sama, melainkan hasil trial and error pada blog belajar berbagi ini sendiri.

Ada beberapa tips yang saya lakukan untuk anda ketahui bersama, diantaranya adalah sebagai berikut:

Melibatkan SEO Onpage dan Off Page
Salah satu cara diantara banyak cara untuk mempertahankan posisi blog di google adalah melibatkan optimasi seo on page dan Seo off page

Baca juga: Apa itu yang dimaksud dengan Seo

  • Seo on page disini yang sering saya lakukan dengan cara membangun backlink di blog sendiri. misalkan saya menulis artikel yang berjudul Cara membuat blog di blogspot, maka otomatis kita membutuhkan email untuk membuat blog. lalu tujuan saya ingin mempertahankan judul cara membuat email pada gmail di serp. maka langkah yang saya lakukan adalah di dalam isi artikel yang berjudul cara membuat blogspot tersebut, saya berikan link yang mengarah ke cara membuat email pada gmail.
  • Seo Off page yang saya terapkan untuk mempertahankan posisi blog di google adalah dengan cara membagikan url judul yang saya buat ke teman-teman melalui sms. selain melalui sms, saya juga sering mempromosikan judul tersebut ke forum, promosi ke media sosial, promosi ke teman kantor dan ke siswa-siswa didik disaat saya sedang beraktifitas ajar mengajar disekolah.

Sering update artikel
Selain cara diatas saya juga sering melakukan update artikel minimal 1 buah artikel per harinya. tetapi membuat artikel bukan sekedar membuat artikel saja, melainkan ada cara khusus yang saya terapkan di dalam isi artikel.
 
Didalam artikel yang saya buat, saya usahakan selalu memberikan cetak tebal dan garis miring yang mana cetak tebal dan garis miring itu mengisyaratkan bahwa di dalam blog ini ada halaman yang membahas seputar tutorial yang dimaksud. seperti pada poin Seo On page diatas.

Meskipun tidak ada link aktif di dalamnya tapi setidaknya saya memaksa secara halus untuk pengunjung blog agar berusaha mencarinya dengan memanfaatkan tombol search yang berada di sidebar blog belajar berbagi ini.

Inilah bukti apakah cara mempertahankan blog di serp ini saya sedang berdusta?

Cara mempertahankan posisi di SERP

Ketika anda melihat gambar diatas, mungkin anda akan berpikir. baru saja di halaman 4 google, anda sudah berani show off.

Maaf, bukan begitu maksud saya.
Setidaknya saya sudah membuktikan bahwa apa yang saya jelaskan diatas tadi memang benar adanya dan tanpa saya tutup-tutupi.

Lalu, pekerjaan rumah yang harus saya kerjakan adalah bagaimana caranya untuk meningkatkan posisi tersebut agar mendapatkan posisi yang layak di search engine google.

Ingat "Mempertahankan lebih sulit dari pada mendapatkan"

Jika anda sering meremehkan seseorang, apalagi mencoba meremehkan orang di komentar blognya yang tulus memberikan tutorial, maka jangan harap blog kita akan di kunjungi oleh orang.

Siap-siap saja nanti suatu saat akan menerima sebuah kutukan seperti blog sepi pengunjung meskipun sudah banyak artikel yang terindex google.

Karena sikap itu tadi. jika sikap kita tidak baik, maka blog kita "URL" akan diingat oleh orang bahwa blog kita adalah sebagai blogger yang sombong.

Mudah-mudahan bocoran rahasia cara mempertahankan posisi blog di google ini bisa menjadi pencerahan untuk pembelajaran kita semua. Terima Kasih.

Happy blogging

"Udah Gitu Aja"





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


5 comments:

  1. Pusat penjualan produk dari berkah walatra - http://berkah-walatra.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah memberikan arahan yang bagus. Saya menggunakan wordpress untuk membuat artikel. tapi sering sekali artikel saya kadang muncul kadang hilang dengan keyword tertentu... nasib :(

    ReplyDelete
  3. Saya bingung mas.
    Posisi KW saya bagus di google.com sedangkan di google.co.id entah ada dimana. Bisa dibantu permasalahnnya ?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home