Cara Mengetahui Website Penipuan dengan Mudah


Bagi sebagian orang awam jika menerima sms seperti undian kuis berhadiah, mkios berhadiah dan lain-lain tentu tidak akan mengetahui apakah website tersebut asli atau palsu karena sudah terhipnotis rayuan-rayuan menyesatkan berupa hadiah yang menggiurkan. orang-orang yang melakukan penipuan melalui sms lalu merayu anda berkunjung ke website tersebut adalah termasuk orang yang pengangguran berat karena kerjaannya hanya menipu saja, untuk dari itu anda perlu berhati-hati dan sedikit cerdik untuk membedakan dan mengetahui apakah website tersebut asli atau palsu

Rata-rata penipuan sekarang menggunakan semi website berdomain blogspot, sebaiknya sebagai saran saja kepada google, jika menemukan website seperti penipuan undian berhadiah segera di hapus permanent tanpa menunggu laporan dari user jika sang penipu tersebut menggunakan domain blogspot dan sejenisnya. karena jika tidak ditindak cepat, maka akan banyak korban atas penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab ini.

Pengalaman menjadi korban dari website penipuan

Belum sebulan ini saya didatangi sms yang sangat menggiurkan dari oknum tersebut, dengan undian dari M-kios berhadiah mobil, motor, rumah, dan uang tunai ratusan juta rupiah. tentu hal ini bagi saya sebagai orang yang mengerti dunia internet, maka tidak menggubrisnya karena di sms tersebut terlihat semi website .blogspot.com, bahkan mereka yang saya kerjai dengan cara mengunjungi blog oknum penipuan itu dan langsung saya sms mereka

Saya: selamat siang pak, saya pemenang unduian kuis berhadiah dari sms mkios, lalu bagaimana cara saya mengambilnya pak?

Dalam pikiran mereka “ada calon korban baru nih”, belum sampai sms tersebut saya daratkan di nomor mereka, mereka langsung menelepon saya dan berikut ini dialog yang masih saya ingat

Penipuan: selamat siang pak, maaf ini dengan bapak siapa ya
Saya: saya dengan “nama saya” dari bandar lampung pak
Penipuan: selamat pak, bapak mendapatkan uang tunai seratus juta rupiah, silahkan bapak sebutkan pin bapak sekarang
Saya: waduh pak, handphone saya tidak bisa melihat sms karena lagi di telepon bapak, bagaimana jika saya patikan dulu dan nanti bapak saya sms kembali
Penipuan: oke-oke pak ditunggu pak, jangan sampai hadiah ini akan direbut sama orang pak

Ketika saya mematikan handphone tersebut saya tertawa terbahak-bahak dan mengirim kembali sms ke pihak mkios palsu tersebut (pak tolong telepon saya kembali pak)

Penipuan: bagaimana pak, sebutkan pin bapak yang kami sms tadi
Saya: bla bla bla bla
Penipuan: oke pak pin bapak benar sesuai dengan database kami, maka bapak berhak mendapatkan uang tunai seratus juta rupiah dari undian m-kios pak.
Saya: wow, mantap pak, terus bagaimana cara saya mengambil uang tersebut pak?
Penipuan: jadi begini pak, apakah uang ini kami kirim melalui post atau kami kirim melalui rekening pak?

Saya terdiam dan menahan tawa sambil berkata dalam hati (ini orang sudah siap melancarkan serangan kepada saya)

Penipuan: bagaimana pak? kenapa bapak diam?
Saya: oh ya maaf pak saya girang pak karena tidak menyangka mendapatkan uang
Penipuan: saya tahu bapak senang, jadi bagaimana pak?
Saya: oke saya ada rekening pak bisa kirim melalui rekening saja
Penipuan: baik pak, berapa jumlah saldo di rekening bapak?
Saya: sekitar 25 juta pak
Penipuan: bagus pak, artinya uang bapak akan bertambah 125 juta dari kamu pak

Dalam hati saya masih tertawa sambil menahan jengkel (sudah berapa korban yang mereka tipu) dan pada akhirnya saya terbawa emosi dan berucap kepada mereka

Saya: bapak, kenapa mau nipu memakai akun blogspot ya pak? kan blogspot adalah blog gratisan pak?
Penipuan: maksudnya apa pak?
Saya: kalau mau menipu itu ya hati-hati dan bermodal sedikit lah pak
Penipuan: anda hati-hati dengan ucapan anda, nanti anda bisa kami tuntut
Saya: tuntut? tuntut saja keluarga anda! sudah, ambil saja uang itu untuk menguburi ibu dan bapak anda karena mereka besok mau mati

Karena saya sambil emosi, maka tlp tersebut mereka matikan

Dari dialog diatas bisa anda ketahui dan menjadi sarana belajar anda untuk anda bagikan kepada keluarga anda. karena jika memang benar ada undian berhadiah, maka mereka akan menghubungi dan menyiarkan ke:

1. Menghubungi via tlp dan mengundang kita untuk datang ke kantor resmi
2. Memasukan data diri kita di media elektronik seperti televisi

Dan yang perlu diperhatikan, jika memang berhadiah maka mereka tidak akan meminta uang ataupun pajak sejenisnya

Bagaimana cara mengetahui website penipuan tersebut?

Yang perlu anda perhatikan adalah domainnya apakah dia, maaf google (nama.blogspot.com) perhatikan yang saya beri warna merah tersebut, itu namanya url adres untuk dari itu silahkan anda perhatikan di addres bar broser anda. jika mereka memakai domain tersebut khususnya untuk undian maka otomatis website itu adalah website penipuan

Sebenarnya bukan blogspot saja yang menjadi kambing hitam oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, masih banyak domain-domain yang dijadikan kambing hitam oleh mereka.
Jika oknum penipuan tersebut memakai domain, maka silahkan anda cek di situs pandi, karena situs pandi.id adalah sebuah situs yang mengelola seluruh domain yang ada di Indonesia, maka silahkan anda hubungi pandi.id untuk meminta informasi lengkap tentang situs tersebut.

Siapa pandi.id dan bagaimana cara menghubunginya?

Pandi.id adalah sebuah singkatan yang artinya Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang beralamatkan di www.pandi.id. mereka adalah organisasi nirbala yang dibentuk oleh seluruh komunitas pengguna internet indonesia bersama dengan pihak pemerintahan pada tanggal 29-12-2006 sebagai wadah registry berdomain id. sampai saat ini pandi mengelola secara penuh website yang berdomain co.id, biz.id, my.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, desa.id dan apapun yang ujungnya .id, serta membantu pemerintah Republik Indonesia mengelola domain go.id dan mil.id.

Jika anda seorang awam, dan tidak bisa mengecek apakah website yang berdomain id tersebut melalui situs resmi pandi.id maka anda bisa menghubungi mereka via tlp di  +62 21 30051250 atau 021 30051250 dan untuk berbicaranya gunakan bahasa yang sopan seperti:

Contoh
Maaf pak, saya adalah seorang awam dan mendapatkan sms undian berhadiah dari sebuah website (sebutkan websitenya) dan apakah website tersebut resmi atau sebuah website penipuan? tolong berikan informasinya kepada kami agar kami tidak menjadi korban

Semoga anda akan mendapatkan jawaban dari pihak mereka dan jika anda menelepon mereka tetapi tidak diangkat karena kesibukan dari operator pandi, maka anda bisa menghubungi saya dengan mengunjungi navigasi Kontak diatas atau berkomentar dibawah postingan ini. caranya sama seperti anda menelepon pihak pandi tersebut

Kesimpulan
Dari kesimpulan diatas anda jangan pernah percaya apapun itu yang mengandung dengan unsur undian berhadiah, mama minta pulsa, papa minta pulsa, papa minta saham, anak masuk rumah sakit, anak tidak sekolah karena di culik, anak bapak di penjara, anak bapak kecelakaan dan lain sebagainya.

Karena undian berhadiah akan masuk tv atau anda diundang ke kantor resmi yang mengadakan undian tersebut tanpa dipungut biaya sedikitpun. untuk anak bla bla bla bisa anda konfirmasi terlebih dahulu kerumah sakit, kantor polisi atau menghubungi anak anda via tlp.

Sekian informasi cara mengetahui website penipuan dengan mudah ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan orang banyak. sebarkan informasi ini dengan cara mengklik tombol share dibawah postingan ini demi menyelamatkan salah satu saudara, keluarga kita agar tidak menjadi korban. terima kasih dan happy blogging.





Anda Berada di Label Berita Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home