Cara Agar Halaman Beranda Blog Cepat Diindex Google


Blog belajar berbagi saya bangun sekitar tanggal 23 April 2016 yang mana sampai saat saya menulis artikel ini, blog belajar berbagi masih seumur jagung. banyak yang perlu saya hadapi agar halaman beranda atau home blog bisa menduduki peringkat pertama google atau diindex oleh google search engine, meskipun keyword "belajar berbagi" sangat banyak di google sekitar 794.000 hasil penelusuran, saya tidak putus asa dan semangat untuk terus merayap perlahan. sebelum menduduki peringkat pertama atau page one google, belajar berbagi tetap tenang di halaman 5 google. ternyata dibalik semua itu ada trik tersendiri yang sudah terbukti ampuh yang mana cara agar halaman home blog kita mampu melesat dengan cepat meskipun banyak kompetitor memakai nama yang sama.

Cara Agar Halaman Beranda Cepat Diindex Google

Memang blog belajar berbagi, pada waktu itu sudah sempat menaiki page 2 di mesin pencari google. tapi tidak bertahan lama dikarenakan perubahan struktur HTML yang saya lakukan di blog ini seperti memperbaiki meta tag yang menurut saya belum sempurna. maka dari itu, sebelum anda menulis artikel sebaiknya susun terlebih dahulu blog anda sebelum benar-benar siap untuk bertarung di mesin pencari google.

Langkah Agar Halaman Home Blog Cepat Terindex Google

Ada beberapa tips dan trik khusus yang sering saya lakukan pada blog ini agar cepat terindex oleh google dan anda juga bisa melakukannya. diantaranya adalah sebagai berikut:

Mendaftarkan Blog di Webmaster
Membuat Akun Google Analytics
Menyusun Ulang Struktur Template H1 H2 H3
Selalu Update Artikel
Fetch As Google Webmaster
Blogwalking dengan Cara Sehat
Sering Mengklik Nama Blog Kita Sendiri

Seperti itulah langkah-langkah yang sering saya lakukan pada blog belajar berbagi agar cepat masuk pada halaman pertama google search engine dengan banyak kompetitor yang sudah lama.

Anda juga bisa melakukan hal seperti yang saya lakukan, karena saya memberikan tutorial ini menurut pengalaman saya pribadi, yang mana pengalaman tersebut tidak akan jauh dari yang membaca dan menerapkannya. (Peribahasa: buah yang jatuh, tidak akan jauh dari batangnya).

Mendaftarkan blog di webmaster

Syarat mutlak kita sebagai pengelola website ataupun blogger adalah mendaftarkan situsnya di layanan webmaster google. karena tujuan mendaftarkan blog ke webmaster adalah untuk mengenalkan blog kita di mesin telusur atau bahasa lain memberikan peta situs kita agar mudah dikenali oleh google search engine. setelah anda melakukan pendaftaran dan mensubmit peta situs kita di webmaster, maka hal yang perlu anda lakukan keesokan harinya adalah mengetikan url home page anda di pencarian google

site:imoul.blogspot.com

Nama imoul silahkan anda rubah menjadi nama situs anda. jika sudah terbaca di mesin pencari google, itu artinya tahap mengenalkan situs anda sudah berhasil dan hasilnya terindex oleh google.

Membuat Akun Google Analytics

Google Analytics berfungsi untuk melihat prilaku situs anda seperti pengunjung perhari, rasio pentalan, lamanya pengunjung yang datang dan masih banyak lagi hal yang bisa anda manfaatkan dari google analytics. maka dari itu, agar anda bisa memahami secara utuh tentang cara kerja google analytics, silahkan mendaftarkan blog di google analytics terlebih dahulu.

Mendaftarkan blog kita di google analytics juga tidak akan dikenakan biaya (free) karena google analytics adalah sebagian dari produck milik google.

Menyusun Ulang Struktur Template H1 H2 H3

Ketika anda membuat blog, maka bawaan blogger adalah H1 Nama Blog, H2 Widget, H3 Posting. sebenarnya susunan defauld ini tidak salah. tapi setidaknya kita bisa menyulapnya kembali agar terlihat blog kita lebih SEO di mata mesin pencari google.

Supaya terlihat lebih SEO maka silahkan anda coba membaliknya dengan cara H1 judul posting dan ketika kembali ke home, H1 otomatis membaca halaman beranda blog anda, H2 Sub judul atau posting dan H3 ke widget blogger. bagaimana cara melakukannya? (baca: Menyusun Tag Heading H1 H2 H3)

Selalu Update Artikel

Salah satu faktor agar blog cepat terindex google, terlebih halaman home yang ingin diindex oleh google, maka yang perlu anda lakukan adalah sering-seringlah memberikan update artikel setiap harinya minimal 1 postingan. tujuan anda rutin update artikel adalah memberikan nilai plus untuk situs anda sendiri di mata google, karena google akan menilai bahwa anda benar-benar serius mengelola situs website atau blog anda.

Update juga bukan sembarang update, berikanlah artikel-artikel yang sedap untuk dinikmati oleh manusia atau bahasa lainnya bermanfaat untuk dibaca oleh orang banyak. semakin anda sering menulis artikel, maka semakin pula blog kita memiliki reputasi yang baik.

Fetch As Google Webmaster

Hal seperti fetch as google sama saja seperti submit ke webmaster. tapi fetch as google ini lebih dahsyat, karena setiap setelah kita update artikel, maka secara cepat artikel yang kita buat langsung meroket ke halaman pencari google, biasanya langsung berada di page 2-3. untuk page pertama akan ada prosesnya yaitu membangun backlink sendiri untuk menguatkan judul yang sudah kita luncurkan.

Cara ini juga sering saya lakukan setiap habis menerbitkan artikel, dan anda juga bisa melakukannya.


Blogwalking dengan Cara Sehat

Setelah saya menerbitkan artikel dan mensubmit url saya di webmaster tools, maka kebiasaan saya tidak pernah saya tinggalkan yaitu selalu melakukan blogwalking ke situs-situs yang membahas hal yang sama seperti blog saya.

Misalkan saya menulis artikel tentang cara agar halaman home page blog bisa diindex oleh google, maka akan saya cari judul yang serupa dengan milik saya dan memberikan komentar, dengan cara yang baik, bukan sekedar menaruh spam lalu pergi begitu saja.

Cara blogwalking seperti yang biasa saya lakukan adalah dengan cara yang sehat seperti memberikan kritikan, memberikan tambahan jika admin tidak lengkap memberikan tutorial, atau membalas komentar orang lain yang mana admin belum sempat membalasnya.

Sering Mengklik Nama Blog Kita Sendiri

Cara ini adalah cara yang jarang dipublikasikan oleh blogger lainnya yaitu dengan cara mencari nama blog kita atau judul postingan blog kita di mesin pencari google.

Sering kali saya mencari nama blog saya di mesin pencari google dengan mengetikan nama blog saya sendiri "belajar berbagi" lalu mengkliknya.

Klik nama sendiri juga bukan sembarang saya klik lalu saya pergi atau melakukan login pada blog saya atau mengklik judul lain. melainkan saya pertahankan dulu selama 5 menit untuk menguatkan bounce rate, daily pageviews dan daily time on site. karena semakin lama kita berdiam diri, maka semakin baik bounce rate, daily pageviews dan daily time on site pada blog kita.

Setelah itu barulah anda membaca-baca tulisan anda sendiri yang sudah anda terbitkan atau mencari judul-judul lain di search engine google untuk anda klik kembali judul tersebut.

Selain membangun backlink, cara mengklik judul sendiri di mesin pencari google adalah cara yang efektif yang mana bertujuan untuk mempertahankan peringkat judul tersebut di mesin pencari google dan dapat menghindari judul blog kita bisa turun peringkat atau menghilang dari google.

Sekian informasi cara agar halaman blog cepat terindex oleh google, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. happy blogging

"Udah Gitu Aja"





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger ,Webmaster


2 comments:

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home