Cara Mudah Memasukan Kode HTML di Widget Blog


Tidak lengkap rasanya blog belajar berbagi jika belum memposting tulisan memasang kode-kode html script, java script di widget blog. saya rasa cara memasang kode widget ini masih ampuh untuk para blogger pemula yang berusaha menemui tutorial seperti berikut di mesin pencari google, meskipun sudah banyak yang mempostingnya. sebelum anda memasang kode html di widget, sebaiknya anda kenalan terlebih dahulu apa itu gadget/widget pada blogger apa biasa disebut blogspot

Secara gamblang saya jelaskan apa itu widget. widget ialah sebuah tempat dimana kita bisa menaruh kode-kode HTML, CSS. seperti kode-kode yang akan anda masukan pada tutorial sebelumnya. saya ambilkan contoh satu saja, seperti meredirect defauld blogspot ke feedburner. tentu anda akan mendapatkan kode tersebut dan pada akhirnya anda menaruh kode itu di widget blog anda.

Beda halnya dengan gadget meskipun pengertiannya hampir sama. gadget itu secara umum bisa kita ketahui bersama seperti ipad, handphone dan lainnya (Device). dan ini masih menjadi kontroversial antar sesama blogger. mengapa demikian? karena ada beberapa template ketika kita login blogspot, tata letak, pasti anda akan menemukan tulisan seperti (Tambahkan Gadget) atau (Tambahkan Widget). sebenarnya hal seperti ini bukan untuk diperdebatkan, melainkan bagaimana kita menyajikan yang terbaik untuk pengunjung, bukan dengan hal yang sebaliknya “debat kusir”

Kesimpulan dalam mengenal widget ialah
Kalau di dalam dunia website/blogger yang saat ini anda kelola ialah untuk menaruh kode-kode script di dalam website atau blog anda. dan letaknya widget itu sendiri bermacam-macam seperti di header “atas”, footer “bawah”, sidebar kiri dan sidebar kanan. dan ukurannya juga bermacam-macam yang diperjelas dengan px seperti 120x120 px, 300x200px, 720x60px dan sebagainya. kalau untuk gadget sendiri, silahkan anda search di google dengan berbagai macam keyword dan fariannya.

Syarat mutlak membuat widget ialah harus mempunyai akun blog di blogspot karena saya membahas ini khusus untuk blog, dan bukan untuk flatform lain seperti joomla, wodrpess dan sebagainya. mengapa saya harus menggunakan blog? blog memang gratisan, akan tetapi pernah saya bahas bahwa keamanan blogger lebih strong dibandingkan dengan flatform lain. dan ini bisa dibuktikan oleh anda sendiri bahwa situs-situs yang mudah di deface oleh hacker ialah situs-situs yang non-blogger.

Mau bukti bahwa situs yang non-blogger bisa di deface atau ditembus sistem keamanannya? Nah, meskipun saya seorang blogger wanita masa kini, saya akan menunjukan atau show off bahwa situs selain blogger bisa ditembus atau di deface “merubah tampilan” situs tersebut dengan tampilan yang saya inginkan. (ini hanya contoh, saya tidak akan memberikan tutorial hacking terutama deface) karena saya bukan defacers melainkan blogger sejati.

Tampilan Deface

Sudah saya bilang, jangan paksa saya untuk mendeface salah satu situs, tapi anda tidak percaya dan butuh bukti kalau situs selain blogger gampang ditembus. (Mikir Keras) Save Indonesian Fighter Cyber. apakah anda sudah siap untuk mengetahui caranya memasukan kode html ke widget? jika anda sudah siap, maka silahkan terbangkan mata anda ke paragraf selanjutnya.

Cara Memasukan Kode HTML di Widget

Keterangan:
Login ke blog anda, tata letak, tambah widget/gadget, klik HTML/Javascript, masukan kode di kolom yang sudah muncul tersebut, lalu klik simpan. dan lihat pada halaman blog anda, apakah kode seperti gambar, video, sudah masuk ke situs anda tersebut. (Perhatikan dengan jelas gambar diatas)





Anda Berada di Label Widget


9 comments:

  1. memang mantap nih tipsnya kawan..
    http://aromaessen.com

    ReplyDelete
  2. Aslm.Wr Ya ini yg Sy Cari Mb.E,sebagai pensiunan ,pemula yg lagi nyoba peruntungan giat di dunia Blagger, cara2 ringkas dan direct spt inilah yg newbie butuhkan,thx any way.Wslm Athos Saffar

    ReplyDelete
  3. Hello Guys ^^

    Gabung dan Mainkan Game Online Sekarang Juga Bersama Hokimeja.com

    Dapatkan Uang Jutaan Rupiah Dengan Cepat...
    Hanya Cukup Dengan Modal 20.000,- Saja.

    Bagi Yang Kurang Yakin Dengan Kemenangannya Bisa Langusng dicoba sekarang juga ya...
    Link Resmi : Hokimeja

    ReplyDelete
  4. masih bingung gan, sebab di tata letak saya udah ada java skripnya, tapi tidak muncul di halaman muka. mohon pencerahan gan, dan lihat blog saya ya...hajimakbul.com, terima kasih

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Thank u utk artikel yg anda buat, saya sdg mempelajari scriptjava pada html. Perkenalkan nama saya tantiara, kunjungi website kampus saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  7. Maaf kak mau tnya
    Yang di tulis di tahap ketiga itu, kode yg di salin?
    Atau tulis url blog?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home