Persiapan Sebelum anda Mulai Ngeblog


Belajar Berbagi - Sebelum saya mulai ngeblog pada tahun 2010 silam, banyak hal yang perlu saya pertimbangkan seperti tujuan, manfaat, dan sebagainya. tidak ada sepintas sedikitpun untuk mencari uang melalui blogging. akan tetapi setelah lama saya bergelut di dunia blog, uang itu datang sendiri dari iklan-iklan komersial non google adsense. mengapa demikian? karena pada tahun 2011, setahun saya bergelut di dunia blogger, pengunjung organik mencapai 32 ribu lebih perharinya, dengan saingan-saingan yang begitu ketat di mesin telusur google, yahoo, bing seperti blogernas "erianto anas/guru blogger saya", ali blogger, dan masih banyak lagi.

Persiapan Sebelum Ngeblog

Dari scren diatas saya sudah termasuk berani pada tahun itu untuk promosi dan sedikit show off pengunjung di sebuah forum. lalu apa yang saya dapatkan? percaya tidak percaya, saya sebulan mengantongi uang Rp 3.000.000 dari iklan komersil tersebut. dan yang lebih mengejutkan lagi, google mengetuk pintu dasbor lama saya untuk segera blog coretan rizal di monetizing dengan cara menerbitkan iklan mereka di blog saya, tapi apa yang saya lakukan? saya abaikan. maaf bukannya sombong, tapi saya menulis ini sesuai fakta yang ada agar bisa membantu blogger-blogger pemula seperti saya tetap selalu bersemangat untuk ngeblog meskipun sering di tolak oleh google adsense.

Dari sedikit cerita diatas tersebut apa persiapan anda sebelum memulai blogging?

Pertama Akun Gmail
Mengapa saya sarankan anda memakai akun gmail? karena produk blogger / blogspot sepenuhnya milik google, disamping anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis lainnya seperti email, google webmaster untuk mensubmit peta situs blog anda nantinya. jika anda sudah siap ingin membuat akun gmail/email baru, maka silahkan anda terbangkan mouse anda di panduan lengkap cara membuat akun gmail.

Kedua Membuat Blog
Sampai saat ini yang masih populer digunakan banyak orang ialah blogspot/blogger dan wordpress. tapi kali ini karena saya memakai blog berflatform blogger maka anda saya sarankan membuat akun blogger di blogspot. sebemum anda membuat tidak ada salahnya saya kenalkan dulu kepada anda apa itu blogger dan apa itu wodpress
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. Wikipedia Indonesia-https://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_%28layanan%29
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya. Wikipedia Indonesia-https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress
Dari masing-masing sarana publik diatas, mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. akan tetapi menurut saya blogger lebih aman karena sulit untuk di deface oleh hacker. jika anda mau membuat blog, sebaiknya gunakan saja blogspot karena saya sudah memberikan panduan lengkap membuat blogspot di situs belajar dan berbagi ini.

Ketiga Template
Template atau tampilan, saya tidak bisa menyarankan anda harus memakai template apa untuk mempercantik blog anda ketika sudah dibangun. akan tetapi tidak ada salahnya anda gunakan saja template yang simpel, itu semua bisa anda cari di mesin telusur google dengan kata kunci "template blogger atau template blogspot". nah, jika sudah ketiga tahap persiapan untuk memulai blogging, maka anda buatlah postingan di blog anda. nanti akan saya buatkan tutorial lengkapnya di blog belajar dan berbagi ini, bagaimana caranya membuat posting, mengapload gambar, video dan lain-lain. tentunya dengan cara join this site blog ini untuk mendapatkan perkembangan informasinya.

Kesimpulan dari cerita diatas ialah
Jika tujuan awal anda membangun blog hanya untuk mencari uang, sebaiknya jangan dulu anda lakukan. lebih baik fokuskan saja dulu kepada postingan-postingan anda. dan nanti uang akan datang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. lain halnya dengan anda yang sudah benar-benar nekat dan memahaminya. faham?





Anda Berada di Label Berita Blogger


5 comments:

  1. Saya sepakat, jangan ngeblog untuk cari uang karen di blog tidak ada uang. Tapi carilah pengunjung karena pengujung blog bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan uang.

    ReplyDelete
  2. Rhody@ ya benar sekali, semakin banyaknya pengunjung maka uang akan datang dengan sendirinya. meskipun bukan dari google adsense, tapi iklan komersilah yang akan meliriknya nanti

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. ya harus tahu gan persiapan anda sebelum memulai blogging itu apa saja.

      Delete
  4. Aslm.Wr. Mulai mengerti beberapa lorong dunia Blog ini ,mkn tertarik utk bljr terus.Thx.Wslm Athos Saffar

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home