Memasang Scroll Daftar Isi, Widget, Archive Blog


Cara memasang scroll ini sebenarnya sudah lama dan sudah sering dipublikasikan (lagu lama kaset baru) oleh para blogger lainnya. akan tetapi saya akan menyajikan kepada anda 3 sekaligus yaitu memasang scroll pada daftar isi, widget dan menu archive pada blog. kegunaan scroll ini agar tidak terlalu memanjang kebawah, sehingga berdampak juga untuk blog anda terlihat melempem atau loading lama karena terlalu banyak yang dibaca. untuk dari itu bagaimana kesannya blog kita bisa tampil profesional dimata pembaca.

Yang perlu anda ketahui ialah untuk pembuatan menu scroll ini terletak pada height “tinggi”, padding “lapisan”, width “lebar”. jadi untuk mengukur tinggi, lapisan, lebar, anda perlu mengatur pada height dan width saja, tidak perlu mengatur yang lain. misalkan height nya 1000, tentu jika sudah kita apload dan save, terlihat akan memanjang kebawah, jika kita kurangi 800, 500, 300, 100, maka panjang atau tinggi tersebut akan berkurang begitupun dengan width, semakin besar angka yang anda masukan, maka semakin lebar juga tempatnya. nanti akan anda lihat sendiri perubahan-perubahan pada scroll yang telah anda pasang di blog anda tersebut.

Cara memasang scroll pada daftar isi blog

Jika anda telah membuat halaman daftar isi pada blog, tentu anda membutuhkan scroll ini kegunaannya untuk menghemat space monitor yang melihat daftar isi pada blog anda. apalagi blog anda sudah mempublikasikan ribuan artikel, tentu scroll ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja loading blog anda menjadi singkat dan memanjakan pengunjung anda untuk selalu dibuat nyaman. jika anda belum membuat daftar isi, maka silahkan buat terlebih dahulu daftar isi pada blog, setelah itu pasangah scroll pada daftar isi anda. berikut dibawah ini code script nya:
<div style="overflow:auto; width:100%px; height:200px; padding:10px; border:1px solid #eee;">
KODE DAFTAR ISI ANDA
</div>
Silahkan anda rubah height, width, padding,  menurut kebutuhan anda atau sesuaikan dengan template anda.

Cara memasang scroll pada widget blog

Cara memasang scroll pada widget ini tidak jauh seperti anda memasang pada menu daftar isi diatas tersebut. yang membedakan posisinya saja karena pada menu daftar isi terletak di dalam halaman atau postingan blog anda. misalkan anda ingin membuat scroll pada widget jam dan kalender. ketika anda perhatikan jam dan kalender pada menu sidebar widget anda terlihat memanjang atau melebar, maka pasanglah menu scroll ini pada widget jam atau kalender anda. berikut kodenya:
<div style="overflow:auto; width:180px; height:180px; padding:10px; border:1px solid #eee;">
KODE WIDGET ANDA
</div>

Cara memasang scroll pada menu archive blog

Kalau cara memasang scroll pada menu archive berbeda seperti anda memasang scroll pada daftar isi dan widget, disini anda pelu login ke blog anda » template » HTML » cari kode ]]></b:skin> dan letakan kode dibawah ini, tepat diatas kode ]]></b:skin> tersebut » lalu klik save template
#BlogArchive1 .widget-content{
height:1000px;
width:auto;
overflow:auto;
}
Keterangan: Silahkan anda atur pada height:1000px tersebut sesuai dengan kebutuhan anda

Sangat mudah bukan?
Ya sangat mudah karena anda sudah memahaminya.

Sekian informasi tentang memasang scroll pada daftar isi, widget dan archive untuk blog, semoga informasi ini bermanfaat untuk orang banyak dan tidak lupa saya selalu ucapkan happy blogging.





Anda Berada di Label Blogger HTML


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home