Cara Submit URL Blog di DMOZ dan DIGG


Dari sekian tutorial yang sering belajar dan berbagi berikan kepada anda. tapi semua itu rasanya belum lengkap jika saya tidak memberikan bagaimana caranya mensubmit url ke situs dmoz.org. karena disaat anda terbang ke situs tersebut, yang tersedia hanya about dmoz » dmoz blog » suggets url » help » link » editor login. dan tidak ada yang namanya submit ataupun register. sebenarnya jika rasa ingin tahu anda sangat besar, maka dengan mudah anda bisa menemukan dimana letak submit tersebut.

Open directory project “ODP” ialah nama lain dari Dmoz tersebut. dan yang lebih hebatnya lagi bahwa yang bekerja di situs itu adalah manusia-manusia yang menjadi tenaga sukarela sebagai tim editor. kesimpulannya, jika situs blog anda memang benar-benar bermanfaat, maka dmoz akan mempublikasikan situs anda di web directory mereka.

Keuntungan dari terpublisnya url kita di situs dmoz adalah mampu memberikan tambahan traffik. karena dari informasi yang saya dapatkan, dmoz perhari bisa mendapatkan ratusan ribu traffik organik dan tidak menutup kemungkinan blog/web anda akan mendapatkan cipratan pengunjung dari dmoz (terima kasih dmoz). disamping bisa mendatangkan trafik otomatis pagerank anda juga akan meningkat, meskipun ranking sekarang tidak terpublishkan lagi oleh google, tapi setidaknya konten-konten yang berkualitas dan orisinil akan dibantu agar up di mesin pencari (terima kasih lagi dmoz).

Meskipun dmoz memprioritaskan blog atau situs web yang berbahasa Inggris, tapi tidak ada salahnya anda mencoba seperti yang akan saya lakukan dipanduan cara submit url di situs dmoz.org. dan siapa tau anda termasuk orang yang beruntung, karena sekali lagi yang menyaring di open directory project dmoz ialah manusia seperti kita bukan robot.

Cara mendaftarkan url di situs dmoz

Berikut dibawah ini langkah-langkah untuk mendaftarkan situs website atau blog anda di dmoz.org (Perhatikan Gambar-Gambar Terlebih Dahulu)

Cara Submit URL di DMOZ.org Part 1

Keterangan:
Login ke DMOZ » World » Bahasa Indonesia » Komputer » Internet » Menyarankan URL

Keterangan Lanjutan:
Saya sengaja memilih komputer karena blog ini membahas seputar Internet khususnya blogger. lalu, jika blog anda tastenya tentang hal lain misalkan : makanan atau yang lainnya, sebaiknya anda pilih untuk menyesuaikan dengan niche (taste) blog anda. saya rasa anda sudah memahaminya. sekarang perhatikan kembali gambar dibawah ini untuk melanjutkan dari pada gambar diatas tersebut.

Cara Submit URL di DMOZ.org Part 2

Keterangan:
Setelah anda mengklik menyarankan url, maka sedikit anda turunkan ke bagian tengah dmoz tersebut, tepatnya dibawah tulisan “Sesuai peraturan Direktori Terbuka ini (ODP), judul dan keterangan situs harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia, kecuali beberapa istilah yang belum memiliki terjemahan yang sesuai. Anda juga diharapkan hanya mendaftarkan situs yang mayoritas isinya dalam Bahasa Indonesia”. Site URL “Isikan URL Anda” » Title of Site “Isikan Nama Blog Anda” » Site Dicription “Isikan dengan Diskripsi Blog anda” » Your E-mail Addres “Isi Email Anda” » User Verifikasi “Masukan Kode captcha” » Sumit » Selesai.

Setelah selesai, biasanya tidak langsung dari dmoz mengirimkan email balasan ke email anda. tunggu saja sampai mendapatkan email balasan dari dmoz.org.

Saya rasa penjelasan diatas tentang cara submit URL blog di DMOZ sudah anda fahami dan anda terapkan dengan baik. sebenarnya bukan hanya di dmoz saja, akan tetapi mari kita sama-sama memanfaatkan dengan baik situs digg untuk membantu mempopulerkan setiap judul-judul artikel kita, ya tentu hal ini anda lakukan dengan manual.

Bagaimana cara mensubmit URL di situs DIGG?

Kalau di digg, kita tidak perlu register lagi, karena disana kita bisa login memakai facebook, twitter ataupun gplus. untuk mensubmit url di digg berikut langkahnya. (Seperti biasa, anda perhatikan terlebih dahulu gambarnya)

Cara Submit URL di Digg.Com

Keterangan:
Anda login ke DIGG » Sign in Facebook atau Twitter atau Google “Pilih salah satu untuk anda login” » Ikuti langkahnya “Ok” » Di Addres Bar, Tabahkan Submit hingga menjadi http://digg.com/submit » Masukan url anda » Lalu Klik Submit » Selesai.

Jika anda ingin mengirimkan kiriman lain, maka klik kembali tombol Submit Another yang berada di digg tersebut.

Sekian informasi singkat padat dan jelas tentang cara mensubmit url ke dmoz.org dan digg.com. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa membantu memberitahukan kepada blogger lain yang belum mengetahuinya. terima kasih dan tidak lupa saya ucapkan happy blogging





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


7 comments:

  1. Terimakasih Infonya Om, sangat bermanfaat sekali karena submit blog di web directory sangat bermanfaat. Apa lagi directory sebuah situs authority seperti moz dan digg.

    ReplyDelete
  2. Rhodoy @ ya begitulah yang sering saya lakukan. disaat iseng tidak posting blog, maka saya sempatkan untuk promosi blog di list directory

    ReplyDelete
  3. mas kalo link yang udah di submit ke digg cara melihatnya link tsb gemana?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas informasinya dan semoga kedepannya makin bagus dan sukses selalu

    ReplyDelete
  5. Saya kok gak bisa masuk ke web dmoz.org ya ?

    ReplyDelete
  6. makasih mas infonya bermanfaat..ikut ninggalin jejak mas.. https://bangbangsavage.blogspot.com/2019/06/download-gratiscepatmudah-mp3-avenged.html

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home