Tips Menulis Postingan Blog Berkualitas SEO yang Disukai Google


Sudah ada beberapa artikel yang saya terjunkan pada blog belajar dan berbagi ini tentang tips dan trik yang berhubungan dengan search engine google meskipun tidak terlalu lengkap seperti blogger-blogger pada umumnya. dan itu saya maklumi, karena blog ini juga baru saya bangun sekitar bulan 04/2016. jadi sangat diwajarkan saja tidak terlalu banyak judul yang beterbangan pada blog belajar dan berbagi maupun di google search engine. setidaknya saya tidak turun mental untuk terus berbagi semaksimal mungkin dengan anda dan saling mendukung sesama blogger pemula (pengguna baru blogger). terlepas suka atau tidak anda dengan google pada tulisan saya ini, itu suatu hak kalian untuk menilainya. untuk masalah seo sendiri? Nginx "belum tentu bagi saya" karena banyak yang lebih jago dari saya, karena saya masih fakir ilmu SEO dalam masalah ini

Sedikit Saya Curhat
Memang saya mengenal blogger dari tahun 2010 sekitar bulan september dengan flatform wordpress, akan tetapi saya tidak terlalu tertarik dengan flatform tersebut. tidak lama kemudian saya menceraikan wordpress dari kehidupan saya dan meminang blogger/blogspot sebagai kekasih hati saya sampai saat ini, setidaknya sampai anda membaca tulisan ini. sekitar bulan November 2010 silam saya menemukan salah seorang guru yang tidak segan-segan memberikan ilmu bloggingnya untuk saya full version tanpa basa-basi. siapakah dia? beliau adalah seorang Guru SMK “PNS” asal Sumatera barat “blogernas”.

Memang nama blogernas tidak akan pernah saya lupakan dari kehidupan saya sampai saat ini, dari gaya bahasa nakal, genit, lucu, tegas dalam mengambil keputusan, semua lengkap ada di diri blogernas “Abang Erianto Anas” mengapa abang? karena sesama orang Sumatera bukan Mas, akan tetapi abang. abang dalam bahasa kami untuk panggilan penghormatan agar lebih akrab.

Apakah dia Tahu dengan Blog Belajar dan Berbagi?
Terlepas dari itu, saya tidak tahu apakah dia mengetahui blog baru saya ini. dengan tampilan yang berbeda dari yang sebelumnya. akan tetapi jika dia sudah melihat tampilan/template, maka dia akan faham siapa admin blog belajar dan berbagi ini yang sebenarnya. (dan dia paling tersenyum sendiri dalam hatinya sambil bergumam dasar mahasiswa kur*ng*j*r). oke, sekarang saya akan mencoba memanggil beliau melalui google Blogernas, Erianto Anas. Sini Kau.!!

Sepertinya seru menyimak tulisan saya “Puji Diri Sendiri”, selain blogernas siapa lagi?
Tak kalah hebatnya blogger papan atas kala itu Mas Doyok. beliau juga bisa disebut guru blogging pada waktu itu (di eranya) bahkan blogger sekaliber maskolis saja mengakui bahwa Mbah Doyok tersebut memang tidak bisa dilihat sebelah mata. dengan seluruh tutorial yang sering dia buat mampu menghipnotis pembacanya sampai meninggalkan ratusan komentar setiap beliau membuat satu postingan. dan pada akhirnya beliau membuat majalah blogger yang dikelolanya sendiri (Tamat sudah akhirnya blogger Mas Doyok).

Selain mas doyok siapa lagi yang menjadi refrensi blog belajar dan berbagi? ada salah satu guru blogging, yaitu Achmad Khoirul Azmi di blog buka-rahasia miliknya. beliau nyaris bertemu dengan saya meskipun gagal karena kesibukan masing-masing pada tahun 2013. dan kami sempat kontak-kontakan melalui handphone, banyak pelajaran yang saya dapatkan juga dari beliau terutama ilmu blogging.

Artinya blog belajar dan berbagi sangat haus akan ilmu, dan itu bisa anda serap sepenuhnya dari melahap kata demi kata paragraf demi paragraf tulisan ini.

Lalu apa manfaatnya untuk anda sebagai pembaca yang tersasar di blog ini?
Manfaat dari anda yang membaca tulisan ini ialah (sejuta tutorial yang tersebar di search engine google, cukup ambil beberapa orang saja untuk bahan panutan bukan bahan sembahan) yang artinya jangan jadikan mereka pesaing anda, tetapi jadikanlah mereka sebagai panutan. contoh, jika anda menemui beberapa judul tulisan blog belajar dan berbagi di page one google, maka jadikanlah blog ini sebagai bahan refrensi anda, mengapa beberapa judul blog ini mampu bertengger di page one google, bukan menganggap saya sebagai master apalagi musuh, anggaplah saya sebagai teman, saudara kalian. karena keyword dari blog ini ialah belajar dan berbagi (saya belajar dan berbagi, saya berbagi anda belajar) faham?

Kembali ke Tips
Untuk menjadi penulis yang disukai oleh google ialah buat tulisan yang bermanfaat, karena google itu ialah manusia sama seperti anda yang menemukan judul ini di search engine (dimana seluruh manusia mencari yang mereka cari rata-rata menggunakan mesin telusur google) betul?

Submit blog anda di search engine google
Untuk setiap anda membuat posting artikel jangan pernah luput untuk selalu mensubmit judul url anda dengan kata lain menggunakan submit url standard google. jangan menggunakan pang ping pong situs lain. karena akan berdampak spam, karena tools-tools seperti itu bisa mengirimkan beberapa banyak data url anda dalam waktu yang bersamaan, artinya SPAM OVER dan google sendiri melarang hal seperti itu. anda tidak percaya? silahkan tanya google langsung dan buktikan sendiri, karena google beberapa waktu yang lalu mengirimi saya sms berantai di pesan webmaster yang isinya:

“Sampean ojo akeh-akeh kirim ping, engko sampean dianggap spam karo aku)”
“Lalu saya bertanya kembali pada google (nang endi tempat sing tepat?)
“Google menjawab (silahkan sampean submit ae nang situsku dan wes teruji keampuhane, silahkan sampean submit nang Mesin Sumbit milikku yo)”
“Saya menjawab (Iyo, Thank You Google)”
“Google (Ur Welcome)”.

Dalam dialog konyol diatas ialah secara tidak langsung google tidak mau pengguna blogger terlalu over mengirim spam dengan menggunakan tools tools auto pang ping pong tersebut. saran saya lakukan submit artikel anda setelah kurang lebih mempublis artikel 10 menit, baru anda mensubmitnya ke mesin google.

Submit ke Bing
Tak mau kalah, bing juga jangan pernah untuk anda lupakan. karena sumber lalu lintas tambahan untuk mengharapkan pengunjung masa kini ialah webmaster bing. karena bing masih bisa anda andalkan selain google. caranya ialah sama seperti diatas, lakukan submit URL blog anda kurang lebih 10 menit setelah artikel anda terpublish.

Kesimpulannya, jika anda ingin cepat dikenal oleh google apalagi disukai oleh google, bing dan sebagainya. anda jangan terlalu banyak spam, lakukanlah yang sewajarnya saja. setidaknya standar-standar kepatuhan yang sudah google tetapkan dan gunakanlah layanan-layanan google dengan bijak. karena sumber lalu lintas terbesar sampai saat ini ialah google. dan jurus terakhir, buatlah tulisan anda sebanyak mungkin agar blog, situs anda selalu bertahan di posisi teratas search engine google, minimal bertahan di page one sampai dengan page five itu sudah cukup baik dari pada tidak sama sekali dan itu juga sudah termasuk bukti bahwa google menyukai tulisan anda, makanya blog anda diletakan ditempat yang terhormat alias google search engine





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


2 comments:

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home