Memperbaiki Kesalahan Perayapan 404 di Webmaster


Link Terputus
Broken link adalah sebuah link yang terputus dan bisa mengakibatkan kesalahan dalam perayapan pada sebuah situs blog/website anda. dan itu sering kita temui di beberapa link artikel yang telah kita buat. penyebab broken link itu salah satunya ialah ketika kita membuat link menuju ke sebuah halaman lain, tetapi kurang memberikan / . .htm dan sebagainya diakibatkan anda terburu-buru. dan ketika orang mengkliknya maka akan tampil error not found atau halaman kosong, begitu juga dengan google yang mengikuti link tersebut, maka google menganggapnya broken link atau kesalahan dalam perayapan. itu bisa anda buktikan dengan cara masuk ke dalam webmaster tools > perayapan > kesalahan perayapan, ada berapa error not found 404 di webmaster anda?

Itulah salah satu fungsi webmaster tools yang pernah saya posting di blog belajar berbagi ini, gunanya untuk memonitoring lalu lintas situs anda selain google analytic. apakah anda belum mendaftar di webmaster tools? jika belum silahkan anda mendaftarkan situs anda segera. karena broken link/error not found/kesalahan perayapan/link kosong/halaman yang dikunjungi hampa dan akan berpengaruh terhadap kualitas seo situs anda sendiri. semakin banyak ditemukan error, maka semakin turun peringkat situs anda di mata google search engine, dalam bahasa kasarnya akan terkena pinalti, spam, mengecewakan pengunjung karena mendatangi halaman kosong, tentu itu bukan hal yang anda harapkan. untuk dari itu segera anda perbaiki.

Bagaimana cara memperbaiki broken link atau redirect link itu sendiri?

Login ke webmaster, klik url anda, perayapan, kesalahan perayapan.

Jika link 404 anda ada banyak, silahkan anda unduh, maka akan tersimpan dengan extensi exce. jika link not found anda sedikit, maka perbaiki secara langsung dengan cara mengklik satu persatu link tersebut

Memperbaiki Kesalahan Perayapan 404 di Webmaster
Keterangan:
Jika anda mengklik url tersebut, maka anda akan dibawa ke sebuah halaman kosong di situs anda. copy dari /2016/04/bla-bla-bla.html. misalkan dari contoh milik saya:
http://imoul.blogspot.com/2016/04/&target=email
Copy yang dari warna merah tersebut, login ke blogger, setelan, preferensi penelusuran, pengalihan khusus, klik edit

Redirect Error Not Found

Klik pengalihan baru, dari "url kesalahan anda tersebut", kepada url baru, ceklis permanent, simpan, dan simpan perubahan.

Meredirect Broken Link Error Not Found Blogger
Keterangan:
Maksudnya ialah masukan url kesalahan anda tersebut
Dari: /2016/04/bla-bla-bla.html
Kepada: URL yang dituju. jika anda malas mencarinya, bisa anda alihkan ke alternatif ke-2, yaitu halaman home situs anda, dengan cara menambahkan / saja, di kepada tersebut.
Ceklis Permanen: Beri tanda centang, simpan, simpan perubahan.

Jika anda sudah melakukan tahap diatas, maka kembali lagi ke webmaster tools, klik tandai sebagai telah diperbaiki, dan klik OK. selesai

Klik Tandai Sebagai Telah Diperbaiki Lalu Ok

Jika link error not found anda ada banyak, maka lakukan hal yang sama seperi diatas tersebut. ya tentunya anda melahap kembali tulisan diatas sampai tamat.

Seperti yang sudah saya ketikan diatas tadi, penyebab kesalahan dalam perayapan bisa juga terjadi diakibatkan karena anda menghapus sebuah postingan, lupa memberikan tanda . / atau .htm. untuk dari itu disinilah anda harus mengetahui dan sering memonitoring pada webmaster tools anda, agar kinerja situs anda berjalan makin baik, dan tidak kalah hebatnya situs anda semakin strong dimata google engine. jika anda menghapus sebuah halaman posting, untuk dari itu anda saya sarankan untuk menghapus juga di mesin webmaster tools agar url yang anda hapus tersebut tidak menjadi limbah di mesin telusur google dengan cara

Login kembali ke webmaster tools, google indeks, hapus url, sembunyikan sementara, masukan url anda misalkan /p/daftar-isi.html, klik terus, klik kirim permintaan.
tunggu hasil kerja webmaster tools selama 1x24 jam atau 2x24 jam, setelah itu untuk membuktikannya silahkan anda buka halaman google ketikan site:example.blogspot.com. (Selesai)

Sekian informasi tentang bagaimana caranya memperbaiki kesalahan perayapan error not found 404 pada blog di webmaster tools. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. terima kasih dan happy blogging

Pura-Pura Pakar Webmaster Tools





Anda Berada di Label Webmaster


4 comments:

  1. Kutu @ iya gan, silahkan diperaktekan aja gan

    ReplyDelete
  2. Mantap gan infonya! Tapi saya punya pertanyaan tolong dibantu yaa.. Gimana cara setting robot text agar label blogspot terindex secara keseluruhan..? Karena yang sudah2 yang diindex hanya seperti ini "A description for this result is not available because of this site's robots.txt" Terima kasih gan, salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. mantap mas paling realistis tutornya
    Thnks

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home