Cara Optimasi Seo Off Page pada Situs


Untuk melakukan Optimasi Seo Off Page sebenarnya sangat mudah jika anda mau tekun menghabiskan waktu selama kurang lebih 2-3 jam di depan laptop atau komputer dan diluar kerja online. cara yang akan saya sajikan kepada anda saat ini ialah cara yang lazim digunakan oleh blogger senior lainnya dan sedikit tehnik yang sangat luar biasa dari belajar dan berbagi. memang banyak para blogger mengoptimalkan seo offpage dengan cara membangun link, akan tetapi bukan hanya itu saja yang mereka lakukan. masih banyak cara-cara lain yang mereka terapkan yang sampai saat ini belum terbongkar semua rahasianya. jika anda ingin membongkarnya sendiri, maka anda harus mencari dengan keyword yang sama yaitu cara optimasi seo offpage. kunjungilah satu-satu situs mereka lalu anda terapkan pada situs web atau blog anda, secara otomatis ilmu seo offpage anda akan bertambah dengan cara membaca dan menerapkannya.

Optimasi Seo OFFPage

Begitu juga dengan anda secara tidak sengaja tersasar di blog belajar dan berbagi, jika anda ingin menambah wawasan anda tentang seo offpage, maka silahkan anda melahap tulisan ini sampai dengan selesai.

Apa itu SEO OFF Page?
Seo offpage adalah suatu pengoptimalan halaman yang anda dapatkan dari luar situs. misalkan semakin banyak backlink yang masuk ke situs anda, maka semakin baik peringkat blog di mesin pencarian google. seperti yang pernah saya lakukan beberapa tahun yang lalu, saya lebih banyak melakukan seo off page melalui submit ke salah satu situs populer di indonesia, akan tetapi situs tersebut sudah tidak ada lagi. jadi yang dimaksud dari seo off page ini adalah membangun situs dari luar untuk tujuan mendapatkan traffik yang melimpah ke situs anda.

Bagaimana proses kerja Seo OFF Page?

Proses kerja dari seo offpage sendiri terbilang sangat mudah seperti memanfaatkan kehidupan anda sehari-hari. misal, dari lingkungan sekolah, kampus, kantor dan sebagainya (diluar jam online). lalu untuk mengoptimalkan melalui jam online ialah memanfaatkan situs media sosial dan sosial directory, forum dan sebagainya juga. nanti akan saya bahas sampai tuntas dan mudah anda fahami. penasaran? mari lanjut ke paragraf berikutnya

Memanfaatkan jam offline untuk meningkatkan Seo OFF Page
Tidak mungkin dong anda sehari-hari hanya berhadapan dengan komputer atau laptop? tentu anda harus hidup bersosial di lingkungan sekolah, kampus dan kantor. nah cara ini juga seperti yang saya katakan di paragraf atas tersebut termasuk mengoptimalkan seo off page untuk meningkatkan situs blog anda. bagaimana cara belajar dan berbagi melakukan otimimasi seo off page dengan memanfaatkan lingkungan sekitar?

Sekolah
Ini sebagai keuntungan saya untuk meningkatkan seo offpage dari lingkungan sekolah karena saya bekerja di Instansi pemerintahan (BKD). misalkan ibu kepala sekolah atau ibu guru sedang mengurus kenaikan pangkat atau mengurus hal yang bersifat dengan studi ajar mengajar. maka saya selalu memberikan sebuah link blog saya untuk kepsek dan guru tersebut dengan sedikit jurus rayuan-rayuan seperti (Bu, sampaikan kepada murid-muridnya jika ingin belajar blog, silahkan kunjungi http://imoul.blogspot.com/) siapa tau di situs blog itu bisa menemukan hal yang bermanfaat)

Atau jika situs saya membahas tentang kenaikan pangkat atau prajab yang sifatnya dengan instansi maka saya rayu dengan jurus (Bu, untuk mempersingkat waktu agar menghemat waktu dan ongkos, ibu atau bapak bisa menghubungi situs http://imoul.blogspot.com semua sudah saya upload disana mengenai seluruh informasi kepegawaian)

Jika anda masih berstatus siswa, maka sangat mudah memanfaatkan seo off page ini dengan cara mengukir url situs anda di mading sekolah.

Kampus
Meningkatkan seo off page melalui lingkungan kampus ini juga tidak sesusah yang anda bayangkan jika anda ingin menerapkannya. kampus yang menjadi target sasaran saya ialah kampus yang pernah saya duduki. kebetulan, saya pernah menjadi salah satu Mahasiswa di kampus yang memang di bidang saya yaitu manajemen Informatika.

Disaat saya kuliah, saya sering mempromosikan situs saya melalui promosi (Jika, teman-teman membutuhkan jasa pembuatan blog atau ingin mengetahui cara yang baik dan benar membuat blog maka teman-teman silahkan mengunjungi situs http:// bla bla bla. bla bla bla) promosi ini selalu saya pasang di mading kampus). hal seperti ini juga bisa anda terapkan di kampus anda.

Kantor
Jika saya ingin meningkatkan seo off page di lingkungan kantor, maka saya butuh sedikit kerja extra sabar, kenapa? karena orang-orang kantor saya sudah berumur semua, jadi mereka jarang untuk mengurusi hal-hal seperti ini dan yang ada di pikiran mereka bagaimana caranya untuk mendapatkan uang demi anak dan istri. tapi saya punya jurus sendiri untuk merayu mereka yang seperti ini yaitu dengan cara merayu tadi. bagaimana caranya?

Bapak ini kenapa bingung?
Apa bapak butuh uang tambahan?
Gampang pak, bapak cukup menghindari korupsi dan lebih baik ikuti cara saya, mencari uang melalui blog pak. dengan cara, bapak membuat blog, menulis, lalu pasang iklan adsense atau menawarkan jasa pemasangan iklan non-adsense. dijamin bapak tidak akan melamun lagi seperti sekrang.

Bagaimana caranya pak?
Gampang pak. bapak tinggal kunjungi tutorialnya di http://imoul.blogspot.com/ nanti disana ada tutorial-tutorial lengkap dari membangun blog sampai dengan seterusnya atau sampai bapak bisa mahir membuat atau mengelola blog bapak. kalau bapak tidak percaya silahkan kunjungi.

Selain rayuan juga, anda bisa melakukan hal ini dikantor disaat anda sedang rapat, maka buatlah bahan pembahasan atau kesimpulan dari rapat tersebut di situs anda. misalkan (rapat saya akhiri sampai disini, lebih dan kurangnya jika anda ingin mendapatkan kesimpulan dari rapat yang kita adakan ini, bapak atau ibu bisa mengunjungi situs http:// bla bla bla dan bla bla bla)

Memanfaatkan Media Online Untuk Meningkatkan Seo OFF Page
Selain dari lingkungan kehidupan kita sehari-hari yang saya bahas diatas tadi, anda juga bisa mengoptimalkan seo offpage disaat anda sedang online seperti memanfatkan medsos, web directory, komentar, forum. masih mau membaca? mari terbang kembali ke paragraf berikut

Memanfaatkan Media Sosial Facebook
Hal ini sering saya lakukan disaat saya tidak sedang menulis di blog belajar dan berbagi yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial untuk tujuan seo offpage saya. bagaimana cara saya melakukannya?

Sosial media facebook ialah media sosial masih populer dan terbesar sampai saat ini. jadi saya memanfaatkan dengan baik grup yang saya masuki tersebut, dan lebih beruntungnya lagi saya juga masuk di salah satu grup BLOGGER INDONESIA. apa yang saya lakukan disana untuk meningkatkan seo offpage?

Yang saya lakukan pada grup tersebut ialah promosi link saya, menjawab pertanyaan-pertanyaan blogger lainnya dengan cara menjawab memberikan link yang sesuai mereka pertanyakan (hal ini saya lakukan jika saya malas membahasnya dikomentar, maka jawaban dari pertanyaan tersebut sudah saya bahas di blog belajar dan berbagi) dari sana saya akan mendapatkan pengunjung tetap, karena kita sering berinteraksi dengan orang banyak yang membutuhkan jawaban yang relevan, inilah dunia (Ping-Pong Seo Offpage)

Hal ini bisa anda terapkan juga, tapi anda jangan terlalu over memberikan link, karena anda akan dinilai hanya promosi saja tanpa memberikan jawaban yang memuaskan mereka. (Ada yang bertanya, bagaimana cara mengatasi link error? anda memberikan url cara memasak ayam goreng) tentu anda akan mengurangi satu point penting.

Web Directory
Untuk mendatangkan traffik melalui seo off page, anda bisa memanfaatkan web directory yang bersifat dofollow. jika anda ingin menemukan web directory, maka lakukan dengan cara mencari di google dengan keyword list directory dofollow. cara ini jarang saya lakukan, karena saya lebih tertarik pada sosial media facebook tersebut. jadi jika anda ingin melakukan submit ke situs web directory, silahkan anda lakukan dengan sewajarnya saja dan jangan melakukan hal ini secara membabi-buta karena bisa dianggap blog atau situs spam.

Forum Online
Banyak forum-forum besar yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink yang menuju ke situs anda. akan tetapi anda harus melakukannya dengan hati-hati yaitu dengan cara memberikan url utuh saja dan jangan memberikan url anchor text. karena jika menaruh link dengan anchor text, otomatis tulisan anda akan dihapus oleh moderator forum tersebut yang lebih fatal, anda akan di banned jika sudah kelewatan batas. lakukan seo off page di forum dengan cara yang sewajarnya saja. banyak forum-forum besar yang bisa anda manfaatkan dengan baik yaitu kaskus, kompasiana, viva dan sebagainya (ingat link biasa saja atau link utuh saja) jangan link hidup.

Cara ini sering saya lakukan untuk meningkatkan seo offpage. yang lebih hebatnya lagi, blog atau halaman anda karena sering dikunjungi oleh manusia di forum tersebut otomatis akan berdampak positif bagi blog kita yaitu melejitnya url kita di halaman pencarian google.

Bagaimana menaruh link pada forum? lakukan hal tersebut seperti seo off page yang saya lakukan promosi di Sekolah (Link mati, jika di kunjungi akan menjadi hidup) agar lebih mudah, buatlah link yang simpel saja dan mudah dipahami oleh manusia bukan robot, karena anda memberikan jawaban atau url itu untuk manusia. untuk link simpel, bisa anda temukan pada optimasi melakui seo on page yang akan saya bahas nanti.

Sebagai bonus, jika anda ingin mendapatkan backlink berkualitas ialah dengan cara berkomentar dengan blog atau situs yang membahas topik atau tema yang sama seperti yang anda bahas. jangan anda berkomentar di topik seputar blogger tapi anda menaruh link seputar masakan dan bumbu dapur.

Mungkin lebih dan kurangnya seperti ini saja, jika ada tambahan dari anda tentang mengenai optimasi seo off page maka bisa anda tulis di komentar atau di situs web anda masing-masing untuk sekedar penambah wawasan blogger pemula seperti saya ini. ilmu tidak akan pernah habis jika kita sama-sama saling belajar dan berbagi. terima kasih dan tidak lupa saya ucapkan happy blogging





Anda Berada di Label Seo Konyol


2 comments:

  1. Ohh jadi kalau seo off page itu, optimasi blognya tidak secara online ya? Jd lebih ke promosi di dunia nyata. Apakah bgitu gan?

    ReplyDelete
  2. Arief @ OFF line dan online sayang

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home