Cara Mengetahui Blogwalking yang Benar


Sebelumnya saya ucapkan selamat datang bulan ramadhan karena sebentar lagi kita akan didatangi oleh bulan yang penuh berkah dan ampunan, mohon maaf lahir dan bathin. sekarang saya akan memberikan penjelasan sedikit cara blogwalking yang benar menurut pengalaman saya. ada beberapa penyebab blogwalking yang dilakukan oleh blogger saat ini hanya mengharapkan kunjungan balik atau meninggalkan jejak di situs yang bertrafik tinggi sehingga sering ditemukan blogwalking yang jauh dari artikel yang dibahas oleh penulis tersebut. cara seperti ini sebenarnya tidak baik karena menurut saya blogwalking seperti yang dilakukan oleh blogger yang mengharapkan kunjungan balik itu sudah termasuk bergaya Multi Level Marketing (MLM Kentut) yang mana selalu meninggalkan jejak busuk meskipun sudah lama, dan baunya tidak akan pernah hilang dari komentar blog, sebelum komentar tersebut dihapus oleh admin

Pengalaman saya ngeblog, pernah juga melakukan hal seperti itu, setelah saya pikir ternyata komentar tersebut tidak baik karena dianggap spam dan termasuk perbuatan yang kurangajar dimata penulis. mengapa demikian? karena penulis tersebut sangat susah payah menulis di blognya dan ketika terbit yang terjadi hanya ucapan thank gan, nice post gan dan sebagainya. jujur saya sangat muak melihat komentar-komentar seperti ini, baik di blog saya pribadi maupun di blog orang yang sering saya kunjungi.

Apa itu blogwalking?

Blogwalking adalah suatu tindakan blogger yang sengaja berkunjung ke blogger lain lalu meninggalkan komentar atau berkomentar di salah satu artikel yang dikunjunginya dengan harapan yang baik mendapat kunjungan balik dari sang penulis ataupun pembaca yang ditempat yang sama.

Akan tetapi cara blogwalking yang sering saya lihat sekarang adalah cara blogwalking yang tidak wajar seperti yang saya ketikan diatas tadi. untuk membedakan antara blogwalking serius dan hanya sekedar basa-basi sebenarnya sudah sempat saya tulis (baca: Tips Mengetahui Komentar Serius dan Basa-Basi di Blog)

Kebanyakan tindakan blogwalking adalah penyumbang spam terbanyak. spam seperti itu sering saya lihat di beberapa ajang kontes seo, untuk dari itu saya juga sebenarnya tidak setuju dengan diadakannya kontes seo tersebut karena menurut saya kontes seo dapat merusak mental blogger itu sendiri karena yang ada dipikiran mereka bagaimana saya bisa menaruh anchor text pada kotak komentar yang dikunjunginya dan lebih parahnya lagi komentar tersebut tidak relevan dengan apa yang dibahas oleh penulis tersebut.

Bagaimana cara blogwalking yang benar?

Blogwalking yang benar sangat mudah untuk kita lakukan. misalkan anda tidak memahami apa yang dibahas oleh penulis, maka usahakan carilah kekurangan huruf pada tulisan tersebut maka bisa anda jadikan ajang koreksi untuk diperbaiki oleh penulis. misalkan (penulis sedang membahas tentang panduan register atau membuat akun, pada paragraf berikutnya anda melihat tulisan yang kurang huruf, maka hal tersebut bisa anda komentari) nah disitulah anda akan dinilai oleh penulis bahwa anda adalah orang yang cermat dan membaca apa yang ditulis oleh penulis tersebut.

Jika anda sering melakukan hal seperti diatas, maka harapan anda dikunjungi oleh pembaca lain maupun penulis memiliki peluang besar untuk dikunjungi balik. dan yang lebih baiknya jika penulis tersebut membuat artikel khusus untuk membahas tentang diri anda dengan judul yang menarik seperti (Inilah Komentar Belajar Berbagi yang Saya Suka) maka otomatis di dalam isi artikel tersebut akan terdapat link khusus yang menuju blog anda.

Mengapa saya berani mengatakan demikian?
Ya, karena saya sering melakukannya, melakukan dengan cara yang baik bukan dengan cara yang konyol. sangat mudah bukan melakukan blogwalking yang benar?

Cukup sekian informasi singkat tentang cara blogwalking yang benar. semoga bisa anda terapkan di diri anda dan meninggalkan komentar thank gan, nice post gan, informasi bermanfaat gan, gan-tung diri. terima kasih dan happy blogging gan!





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


6 comments:

  1. terima kasih banyak kak, artikelnya sangat membantu untuk menaikan pengunjung web jualan saya www.jaketmurahbandung.com sukses selalu
    salam ^_^

    ReplyDelete
  2. maknyus gan, keren sangat berguna buat nambah ilmu naikin traffic buat jualan kaos polos saya www.gudangcombed.com makasih infonya ya ^_^

    ReplyDelete
  3. bagus kak, keren banget artikelnya sangat membatun untuk meningkatkan jualan grosiran saya www.jaketmurahbanget.id
    Thx ya kak ^_^

    ReplyDelete
  4. nitip jejak yaa supaya benar benar ada dalam kehadiran
    Blogwalking ayo
    Search google :
    komunitas hobi fotografi informasi beragam

    https://gausahtauton.blogspot.com
    silahkan. setelah dilihat silahkan tinggalkan komentar karna kami siap mengunjungi balik.
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. bagus banget mas artikelnya sangat bermanfaat bagi saya untuk naikin traffic jualan saya www.jaketmurahbanget.id

    ReplyDelete
  6. Bisa dicoba
    https://www.webillian.com/2019/04/pengertian-manfaat-dan-cara-melakukan.html

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home