Cara Mengamankan Password Blog atau Gmail


Dari sekian banyak tips dan trik yang sudah saya berikan kepada anda, kini saatnya blog belajar berbagi memberikan informasi tentang bagaimana caranya membuat password pada blog menjadi lebih aman sehingga tidak bisa di bobol oleh hacker. ada beberapa langkah yang perlu anda ketahui agar password blog kita benar-benar aman, karena blog kita otomatis terhubung dengan gmail artinya keamanan tersebut terletak pada sistem gmail kita. lalu bagaimana caranya membuat password yang aman? saya akan memberikan dua langkah yang mungkin bisa anda ikuti.

Cara Mengamankan Password Blog Gmail

Dalam pembuatan password, tentu kita tidak bisa sembarang terlebih jika password blog anda sangat mudah di bobol oleh hacker. apalagi sangat disayangkan jika password blog anda sudah terhubung dengan google adsense tentu hal utama yang perlu anda perhatikan bukan hanya sekedar membuat posting saja, melainkan memberikan keamanan pada seluruh akun yang terhubung di dalamnya yaitu password gmail anda.

Memang akun yang terhubung oleh google pasti akan aman-aman saja karena sangat sulit para hacker membobol database gmail, akan tetapi bagaimana jika hacker menggunakan tehnik phishing yang dimana anda mudah dikelabuhi oleh orang yang berniat jahat kepada anda.

Cara Menghindari Phishing

Sebelum anda bisa tau bagaimana cara menghindari phishing sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu phishing. phishing adalah penipuan yang berupa bentuk yang hampir sama dengan tujuan misalkan pada tampilan halaman gmail. ketika kita dirayu oleh hacker seperti (klik url ini dan anda akan dijamin mendapatkan informasi tentang bla bla bla) tentu anda aka terayu dengan kata-kata tersebut sehingga anda tidak menyadari bahwa url yang anda klik adalah bentuk phishing yang dimana anda akan melakukan hal seperti biasa “login gmail anda dan password” otomatis password dan akun anda akan terekam di situs yang berextensi text.

Untuk menghindarinya adalah anda jangan mudah mau untuk mengklik url apapun terlebih url tersebut meminta login dan password anda. usahakan jika anda ingin login, maka loginlah menggunakan url resmi yang ingin anda masuki seperti gmail.com, facebook.com, twitter.com, dan jangan pernah mau mengklik url yang dimana tampilan tersebut hampir sama dengan yang aslinya. hal seperti ini sering saya temui di media sosial facebook.

Jangan Membuat Password Sama

Jangan membuat password yang sama ini adalah jika password akun gmail anda A maka membuat password facebook jangan A, usahakan password disetiap anda mendaftar di media-media manapun harus menggunakan password yang berbeda. karena jika sama, maka otomatis setiap akun yang terhubung akan mudah dirayapi oleh peretas tersebut.

Usahakan setiap anda membuat password jangan menggunakan nama anda, nama ibu bapak anda, jangan berurutan seperti 12345, 123456, 123xxx, admin123, dan lain-lain. sebab sandi-sandi tersebut sangat mudah dibobol oleh hacker, karena hacker setiap ingin membobol akun dia akan mencoba dengan yang lebih mudah terlebih dahulu.

Karena judul saya mengamankan password akun blog maka otomatis akun gmail anda yang perlu anda amankan dan bagaimana cara mengamkannya?

Inilah Cara Mengamankan Akun Gmail Blog

Seperti yang saya katakan diatas tadi, usahakan password anda jangan mudah, buatlah sulit untuk ditembus hacker.

Pertama: gunakan pengamanan password gmail anda dengan verifikasi 2 langkah dengan cara login ke SMSAuth » mulai penyiapan » ikuti langkah-langkahnya untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah tersebut. hal ini sangat efektif untuk benar-benar mengamankan password kita dari serangan pencurian akun

Kedua: cara kedua ini adalah cara yang sampai saat ini saya gunakan karena saya yakin dengan cara kedua ini maka hacker akan berpikir dua kali untuk menerobos akun saya karena tingkat kesulitannya luar biasa. tips membuatnya adalah usahakan anda menggunakan kata simbol, angka, huruf besar dan kecil, contoh password saya seperti ini (&rIzal*&^@Bk#$!842)

Dari cara membuat password tersebut saya terapkan di beberapa akun saya seperti facebook, twitter, blog gmail, yahoo, bing dan lain sebagainya. untuk mengingatnya mudah saja yaitu saya selalu save di notepad.

Saya rasa penjelasan cara mengamankan password blog atau gmail ini cukup untuk anda mengerti, semoga bisa anda terapkan di setiap akun anda. terima kasih dan happy blogging





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home