6 Trik SEO yang Paling Mudah Untuk Pemula


Kita sebagai seorang blogger pemula tentu yang membuat kita semakin penasaran adalah mengembangkan trik pada postingan tersebut agar terlihat lebih seo. akan tetapi kita masih bingung dalam mengembangkan tehnik optimasi seo on page itu sendiri terutama ketika kita menulis artikel pada blog. disini akan saya jelaskan 6 trik yang menurut saya paling mudah untuk kita terapkan, karena trik ini di khususkan untuk seorang blogger yang masih pemula.

Seo itu sendiri adalah search engine optimization untuk memasarkan sebuah produck yang mereka pasarkan, pada postingan ini khususnya untuk mempromosikan suatu halaman artikel atau blog. banyak kerja keras yang dilakukan oleh webmaster untuk meningkatkan websitenya agar dapat merajai hasil pencarian khususnya google search engine, minimal mampu menduduki halaman 2 sampai 5, terlebih jika memang mampu, tidak menutup kemungkinan bisa menduduki di halaman pertama penelusuran google.

6 Trik SEO yang Paling Mudah Untuk Pemula

Upaya pengoptimalan yang dilakukan oleh pengelola website atau blog beragam. ada yang menggunakan tehnik seo on page dan juga ada yang mengoptimalkan melalui seo off page, akan tetapi disini saya tidak secara gamblang menjabarkan tentang apa yang dimaksud dengan optimasi seo off page dan optimasi seo on page, karena tidak ada waktu untuk saat ini. jadi bisa anda tunggu berita penjabaran yang saya maksud tersebut nanti.

SEO On Page

Ada segudang ilmu tentang pengembangan seo on page terhadap sebuah website atau blog yang kita kelola. semakin baik kita mengoptimalkan seo on page,
maka semakin berpeluang kita mampu merajai search engine google. untuk dari itu, disini saya akan memberitahukan kepada anda 6 trik optimasi seo on page yang sering saya lakukan pada blog belajar berbagi ini.

Cara optimasi seo on page pada saat menulis artikel

Optimasi seo on page bukan terhadap sebuah halaman utama saja (Home/Beranda). melainkan halaman posting setiap kita menulis artikel juga perlu kita optimasi agar lebih mencengkram, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Title tag dan Permalink
2. Subjudul dengan Heading
3. Deskripsi halaman posting
4. Tanda cetak tebal/miring/garis bawah
5. Berikan gambar di halaman
6. Membangun internal link

Penasaran? mari kita bahas tentang point diatas

1. Title tag dan permalink
Dalam menempatkan title tag (judul posting) sebaiknya jangan mubazir, usahakan peletakan keyword tersebut pada awal kalimat. misalkan anda membuat judul 6 trik seo yang paling mudah untuk pemula, maka anda sulap tag judul tersebut menjadi  trik seo mudah untuk pemula.

Pada penataan permalink juga anda perlu berhati-hati, karena jangan sampai link ketika anda terbitkan akan terputus misalkan http://imoul.blogspot.co.id/2016/06/beginilah-6-trik-seo-mudah-untuk.html (untuk.html) inilah yang dinamakan link terputus/link tidak pasti. apakah untuk pemula atau untuk master sehingga membingungkan google robot.

Maka dari itu silahkan di atur pada setiap anda ingin menerbitkan artikel menjadi http://imoul.blogspot.co.id/2016/06/trik-seo-mudah-untuk-pemula.html caranya di sebelah kanan postingan saat anda menulis artikel ada sebuah tulisan tautan permanent. pada bagian tautan permanen khusus isi dengan trik-seo-mudah-untuk-pemula

Memang cara ini sangat sepele dan terkadang saya melupakannya. tapi perlu kita ingat, hal sepele seperti ini harus sering kita perhatikan, jangan terlalu terdoktrin dengan trik-trik besar.

2. Subjudul dengan Heading
Kita sering membuat artikel seperti kereta cepat tujuan lampung-palembang. sehingga lupa memberikan sub-sub judul pada saat menulis artikel dengan heading H2 yang ditandai dengan <h2> Subjudul heading</h2>.

Mengapa saya sarankan memberikan sub judul dengan heading? ada 2 point penting yang menurut saya menarik untuk saya tulis diantaranya adalah

a. Menguatkan/mengoptimalkan dari judul tersebut di search engine
b. Membuat pengunjung ketika membaca terasa lebih terarah, sehingga dampaknya bisa membuat pembaca melahap tulisan kita sampai tuntas.

Pernahkah ketika anda mengetikan kata kunci yang relevan akan tetapi yang muncul keyword yang lain, tapi pembahasan dalam artikel tersebut sama?

Jika anda pernah menemukan hal seperti itu, artinya itulah yang dimaksud pengoptimalan melalui heading yang saya jelaskan pada point a.

Ketika kita ingin mengecek di google analytics atau pada alexa rank maka akan disuguhkan oleh tulisan daily time on site yang artinya berapa lama orang sedang singgah disitus kita. inilah yang saya maksud pada point b tersebut.

3. Deskripsi halam posting
sebagai seorang penulis, tentu ingin mendongkrak judul tersebut dengan bantuan deskripsi yang mana ketika orang mengetikan kaya kunci di google, maka di bawah judul tersebut terdapat deskripsi singkat tentang apa yang dibahas. usahakan membuat deskripsi pada halaman posting, jangan terlalu panjang dan juga jangan terlalu singkat

Usahakanlah kita mampu menguatkan daya klik deskripsi singkat tersebut. misalkan judul sama seperti diatas (judul yang saya buat ini) maka deskripsi nya adalah sebagai seorang blogger pemula tentu yang perlu diperhatikan adalah tehnik optimasi SEO on page agar mampu merajai search engine google.

4. Tanda cetak tebal/miring/garis bawah
Kebanyakan para blogger yang sedang mengikuti kontes seo, mereka terlalu over dalam memberikan atau mengenalkan tulisan tersebut pada google dengan ditunjukannya tulisan cetak tebal, garis miring, garis bawah (B, I, U) yang terlalu over. hal seperti ini menurut saya sangat membingungkan dan terkesan tulisan tersebut tidak serius atau main-main.

Saran saya sebagai blogger pemula sebaiknya jangan terlalu over, buatlah dalam postingan tersebut 2 sampai 3 garis miring dan underline (garis bawah) pada setiap kata yang ingin anda tekankan pada robot google.

5. Berikan gambar di halaman
Masalah memberikan gambar pada postingan sebaiknya jangan pernah kita lupakan, karena mengoptimalisasi artikel dengan gambar tersebut akan terkesan tulisan yang anda bahas mendapatkan warna atau bisa saya katakan lebih menarik. tapi dengan catatan, gambar yang anda masukan dalam artikel harus relevan dengan konten yang anda bahas.

Masa iya, anda membahas tentang trik optimasi seo on page tapi gambarnya adalah syahrini cantik... cantik... sedang joget

Jika anda mau mencoba atau ingin mencari sensasi, silahkan saja anda coba dengan memberikan penegasan konten disertai gambar yang tidak relevan.

6. Membangun internal link
Internal link adalah membangun sebuah link yang ditujukan terhadap postingan blog yang telah usang (telah lama tidak tersentuh). tujuannya agar memperkenalkan kepada pembaca dan robot google untuk merayapi ulang postingan lama kita.

Membangun internal link juga tidak sembarangan. usahakan membuat artikel baru yang sedikit ada kesamaan dengan pembahasan yang ingin kita angkat pada postingan yang telah usang atau sisipkanlah link pada 1 buah paragraf yang membahas khusus tentang artikel lama anda. contohnya pada paragraf 3 diatas (internal link natural)

Sekian informasi 6 trik optimasi seo paling mudah untuk pemula yang bisa saya berikan kepada anda. apakah anda mempunyai pengetahuan lain dari 6 trik diatas? silahkan anda tambahkan. happy blogging.





Anda Berada di Label Seo Konyol


4 comments:

  1. Okeh nih ilmunya sangat bermanfaat sekali, sepertinya bisa saya terapkan kalau saya mau mem buat artikel blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kang semoga trik seo untuk pemula ini bermanfaat untuk kita semua. silahkan terapkan jika memang benar-benar menarik

      Delete
  2. Replies
    1. ya terika kasih kunjungannya ke teknik seo untuk pemula

      Delete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home