Mengurangi Spasi Antara Judul dan Isi Postingan Blog


Sebenarnya ini bukan masalah besar bagi kita, tapi untuk orang yang baru mengenal dunia blogging, jarak spasi antara judul dan isi postingan yang terlalu kebawah, maka sangat mengganggu. apalagi jarak (margin-botton) mencapai 5px. pasti sangat aneh dilihatnya. itulah yang masih menjadi tanda-tanya untuk kita sebagai orang yang baru mengenal dunia blogging khususnya CSS template. jika anda menemukan masalah seperti ini pada blog anda, maka cobalah untuk mengatur jarak spasi tersebut agar terlihat lebih nyaman ketika dikunjungi oleh orang yang datang ke blog anda.

Kesalahan ini sering terjadi di blog belajar berbagi ketika sedang mengutak-atik css template blog karena tidak sengaja. sebagai contohnya adalah sebagai berikut

Mengurangi Spasi Antar Judul dan Isi Postingan Blog

Mungkin seperti inilah keluhan anda. pada bagian sebelum, jarak spasinya saya buat menjadi 5px. dan sesudahnya, jarak spasi tersebut telah saya sulap menjadi 20px. letaknya dimana? letaknya adalah pada bagian margin-bottom di CSS template.

Bagaimana cara mengatur jarak spasi antara judul dan isi postingan?

Jika memang spasi tersebut mengganggu anda dan mungkin saja bisa mengganggu pengunjung yang datang ke situs blog anda, maka tutorial inilah sebagai jawaban dari pertanyaan anda yaitu mengurangi jarak spasi antar judul dan isi artikel secara lengkap dan jelas.

Pada menu css pada template memang beragam macam, untuk dari itu silahkan anda cari kode-kode yang sama seperti dibawah ini:

Login ke blogger » template » edit HTML » cari kode css dibawah ini

Cara pertama, silahkan anda mencari kode .post-header. jika sudah ketemu dengan kode tersebut, silahkan letakan kode margin-bottom: -20px diantara kode { misalnya :

.post-header {
color:$titlecolor;
font-size: 18px;
font-weight: normal;
line-height: 1.4em;
margin: 0.25em 0 0;
margin-bottom: -20px;
padding: 0 0 25px;
}

Save template dan silahkan lihat hasilnya di blog anda.

Jika cara pertama diatas tadi atau kode .post-header { tidak ada, maka gunakan cara kedua yang satu ini dengan cara carilah kode .post h1 { atau .post h1, .post h2 { atau sejenisnya, dan letakan kode margin-bottom: -20px; diantara kode { contohnya

.post h1 {
color:$titlecolor;
font-size: 18px;
font-weight: normal;
line-height: 1.4em;
margin: 0.25em 0 0;
margin-bottom: -20px;
padding: 0 0 25px;
}

Atau

.post h1, .post h2 {
color:$titlecolor;
font-size: 18px;
font-weight: normal;
line-height: 1.4em;
margin: 0.25em 0 0;
margin-bottom: -20px;
padding: 0 0 25px;
}

Save template anda, dan silahkan lihat hasilnya pada blog anda

Jadi intinya untuk mengatur jarak spasi antara judul dan isi postingan pada blog terletak di margin-bottom: -20px;. silahkan anda rubah -20px tersebut sesuai dengan selera anda.

Sekian informasi untuk pemula tentang cara mengatur jarak spasi antara judul dan isi postingan blog, semoga cara diatas bisa anda gunakan pada template blog anda. terima kasih dan happy blogging.





Anda Berada di Label Blogger HTML


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home