Cara Mengecek Jumlah Backlink pada Blog


Sampai saat ini sebagai blogger yang baru memulai dunia blogging tentu akan merasa sangat kesulitan untuk mengetahui jumlah backlink pada situs blog kita sendiri. sehingga ketika anda mencari di mesin pencarian google, banyak sekali blogger-blogger yang memberikan informasi seputar tools untuk mengecek jumlah backlink melalui situs pihak ke 3. tapi pada dasarnya melalui blog ataupun webmaster tools yang sudah disediakan oleh google, tentu sangat akurat dibandingkan di situs pihak ke 3.

Mengecek jumlah Backlink Blog

Sebenarnya, jika anda ingin menggunakan tools yang sudah disediakan oleh blogger lain, tidak salah karena tujuannya sama. tapi, yang seperti saya bilang kepada anda di paragraf pertama tadi, bahwa menggunakan pihak ke 3 tidak se akurat dengan webmaster tools. 

Untuk dari itu, sebelum anda mengecek jumlah backlink yang menuju situs anda, pastikan blog anda sudah terdaftar di webmaster tools.

Cara mengetahui jumlah backlink blog

Setelah mendaftarkan blog anda di webmaster tools, maka langkah-langkah untuk mengetahui jumlah backlink pada blog silahkan anda login ke webmaster tools 

Pada menu Search Console Webmaster, klik salah satu url situs anda yang sudah di daftarkan di webmaster tools, seperti gambar dibawah ini

Search Console Webmaster


Pada tulisan Lalu lintas penelusuran, silahkan anda klik kembali tulisan Tautan ke situs anda.

Jumlah Backlink Blog

Silahkan anda hitung jumlah backlink yang menuju situs blog anda.

Saya rasa melalui google webmaster inilah jawaban yang sebenarnya untuk mengetahui bagaimana caranya mengecek jumlah backlink pada blog yang benar. sekali lagi, saya tidak menyelahkan penulis lain yang menulis tentang judul yang sama, tapi apa salahnya kita menggunakan fasilitas yang sudah ditetapkan oleh google.

Jika ada fasilitas standart yang sudah diberikan oleh google, kenapa harus mencari yang lain?





Anda Berada di Label Webmaster


3 comments:

  1. banyak sih cara buat cek backlink, salah satunya pake GWT, tapi kalo mo check backlink orang lain bisa pake ahref atau majestic seo. ada yang gratis sih, coba deh cari webmeup di google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya baca judul saja mas ya?
      bukanya di pembahasan ini cara cek backlink situs kita melalui google webmaster tools :)

      Delete
  2. Lantas agar backlink tsb bila kita berkomentar dgn moderasi yg dilakukan oleh pemilik situs tdk ditanggapi padhl begitu relavan dgn isi artikel apakah dpt mendapatkan backlink gan

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home