Cara Merampingkan Rank Alexa pada Blog


Blog ini baru berumur kurang-lebih sekitar 2 bulan, dengan jumlah postingan mencapai 72 pos dan statistik pengunjung yang telah mampir pada blog belajar berbagi sekitar 11.806 sewaktu artikel ini diterbitkan 08/06/2016 dengan peringkat ranking alexa mencapai 676,227 (Global) dan 6,847 (Indonesia). bagaimana cara saya melakukan agar ranking blog alexa belajar berbagi ini bisa ramping? untuk merampingkan ranking alexa saya mempunyai 3 jurus diantaranya adalah “Selalu update artikel, manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, blogwalking dofollow”.

Untuk menambah keyakinan anda sebagai pembaca tulisan ini apakah saya berbohong atau tidak dan apakah blog ini baru dibangun atau sudah lama, silahkan anda baca artikel terkait lainnya seperti alexa blog belajar berbagi ramping dimana pada artikel tersebut menunjukan penurunan ranking pertama pada blog belajar berbagi dan anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti saya.

Merampingkan Alexa Rank dengan Update Artikel

Saya juga tidak begitu memahami bagaimana cara kerja alexa rank yang menilai suatu blog atau website dari update artikel, akan tetapi setelah saya uji coba dengan membuat 10 artikel dalam seminggu maka saya bisa merasakan dampaknya yaitu penurunan secara perlahan ranking alexa, tentunya buatlah artikel yang berkualitas dan panjang artikel rata-rata harus mencapai 600-1300 kata.

Mengapa Harus Update Artikel?
Pertanyaan seperti ini ialah pertanyaan yang sering saya temui pada setiap komentar yang membahas tentang alexa bisa menjadi ramping.

Pengalaman ini pernah saya alami pada blog saya yang satunya yaitu dengan menguji untuk tidak update artikel, ternyata sebulan tidak update artikel ternyata alexa rank saya membengkak. mengapa ranking alexa saya pada waktu itu bisa bengkak? ya karena tidak update artikel.

Untuk mengatasi pembengkakan ranking alexa. maka saya sarankan kepada anda, anda harus rutin membuat artikel. dan sampai saat ini saya belum menemukan argumentasi yang benar-benar bisa memuaskan saya pengaruh update dengan ranking alexa. hanya dengan pengalaman yang sering saya uji coba dan lakukan dan bisa merasakan dampaknya bukan mengetahui detailnya mengapa bisa menurun dan membengkak pada alexa ranking.
 
Kesimpulannya adalah jika ranking alexa anda ingin ramping, maka kunci utamanya di update artikel dan jika ingin alexa ranking anda membengkak, maka silahkan jangan update artikel (silahkan uji coba dan lihat perkembangannya)

Dan Mengapa harus mencapai 600-1300 Kata?
Pengaruh banyak kata akan berpengaruh kepada daily time on site, semakin tinggi persentase daily time on site yang berada di alexa, maka semakin baik dan semakin kecil daily time on site di ranking alexa maka artikel tersebut kurang baik, bukan karena tidak bermanfaat dan sebagainya karena pengaruh panjang pendeknya kata per halaman.

Intinya semakin lama orang di dalam suatu halaman blog, maka semakin baik reputasi blog itu sendiri. usahakan bounce rate persentasenya kecil juga.

Bounce rate membengkak mencapai 30% itu disebabkan ada beberapa orang yang mengunjungi situs anda memakai jurus jungkir balik saja bukan membaca (refresh blogwalking tidak teratur pada sebuah halaman), yang artinya bisa saja mereka menemukan artikel anda di search engine google lalu langsung mengclose atau mengklik tab kembali

Merampingkan alexa ranking melalui media sosial

Sebagai seorang blogger yang baru membangun blognya tidak langsung terindex pada google engine, bing engine, yahoo engine. untuk dari itu sebagai sarana yang efektif untuk merampingkan alexa rank, anda harus memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, gplus, forum tanya jawab.

Jujur saja mengapa alexa ranking blog belajar berbagi ini bisa ramping hanya dengan beberapa bulan dikarenakan sering melakukan promosi di media sosial facebook, twitter dan google plus.

Jika anda ingin memanfaatkan media sosial seperti ini, maka jangan sembarangan sebar link, akan tetapi usahakan menemukan grup khususnya di facebook yang sesuai dengan tema anda. misalkan bergabung di grup blogger indonesia yang berada di facebook dan usahakan anda menjawab pertanyaan mereka dengan jawaban yang sudah anda jawab pada blog anda. artinya anda promosi bukan dengan cara yang kurangajar, melainkan dengan cara yang baik.

Sebagai contoh ada teman di facebook mempertanyakan bagaimana membangun blog dengan baik? maka anda bisa menjawab pertanyaan itu dengan jawaban yang sudah anda buat atau memang anda sudah mempunyai artikel yang membahas thread tersebut.

Jika anda sudah sering menjawab pertanyaan dari mereka, maka ketika anda sesekali iseng melakukan sebar link di facebook otomatis mereka akan mengunjungi situs anda bahkan tidak menutup kemungkinan blog anda akan mendapatkan pengunjung tetap.

Media sosial twitter dan google plus juga jangan anda tinggalkan karena bisa menjarah pengunjung juga dari kedua buah media sosial ini dengan cara pada setelan blogger » pos, komentar, dan berbagi » blog ini terkait dengan profil Google+ pribadi anda » pada bagian

BagiOtomatis pos yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda (Jadikan Tidak)
Ingatkan untuk berbagi setelah mengeposkan (Jadikan Ya)
Atau sebaliknya » Simpan setelan » selesai

Kalau anda ingin mendapatkan pengunjung dari twitter anda bisa memanfaatkan layanan dari feedburner untuk membuat auto post ke twitter anda dengan cara login ke feedburner » publicize » socialize » add a twitter account » dan ikuti langkahnya » save » selesai.

Pada media auto posting dari feedburner ke twitter maka url anda otomatis akan di convert ke goo.gl/fb/KODENYA artinya fb bukan facebook, melainkan feedburner, contoh https://twitter.com/bloglazir

Apakah anda sudah mendaftar di feedburner? jika belum silahkan daftarkan situs anda di feedburner segera!

Apakah blogwalking bisa merampingkan ranking alexa?

Yang terakhir adalah cara merampingkan alexa dengan cara blogwalking ke situs yang dofollow. cara ini tidak seampuh dengan cara pertama dan kedua tersebut akan tetapi tidak ada salahnya anda mencobanya juga.

Memang sangat sulit mencari blog yang memberikan dofollow, karena kita mencari situs yang membuka komentar seperti NAMA: NAMA KITA dan URL: URL KITA

Cara blogwalking ke situs dofollow juga anda jangan melakukan dengan cara yang kurangajar. gunakanlah cara yang baik seperti memberikan komentar yang relevan dan usahakan ketika admin tidak sedang online, maka anda jawablah pertanyaan orang yang telah berkomentar di situs blog dofollow tersebut dengan jawaban versi anda.

Jika anda teratur memberikan komentar seperti ini, maka otomatis pada alexa ranking anda mendapatkan Sites Linking In dan lebih bagusnya lagi anda akan diberikan link secara Cuma-Cuma dari pemilik situs tersebut karena secara tidak langsung anda sudah mewakili beliau

Saya rasa anda sudah memahami  cara merampingkan alexa ranking pada blog. semoga bermanfaat dan happy blogging.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


1 comment:

  1. iya nieh kadang :-bd bunda :-bd juga kaget gitu kok view pengunjung banyak sih tapi alexa mah malah membengka .. heran jadinya, makasih informasinya

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home