Sebab Permohonan AdSense Saya Ditolak


Dengan penuh percaya diri dan keyakinan yang terlalu over, saya semalam sempat memberanikan diri untuk mendaftarkan blog saya di google adsense. sehingga meluncurlah tulisan yang berjudul cara mendaftar google adsense. sambil menunggu persetujuan, saya tidak melakukan apa-apa terhadap blog saya, bahkan saya diam diri tidak memberikan postingan sama sekali. seharusnya selagi menunggu masa review agar diterima oleh google adsense, saya harus membuat postingan minimal 3-4 posting perhari sesuai dengan anjuran blogger yang telah sukses di bidang google adsense. tapi saya hanya tidur dan didalam tidur tersebut saya bermimpi kalau adsense saya telah disetujui. ternyata setelah bangun dari tidur dan membuka email dari google dengan harapan mimpi tersebut jadi nyata, ternyata saya ditolak mentah-mentah oleh google adsense dengan alasan sebagai berikut:

Sebab Permohonan AdSense Saya Ditolak

Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai
Konten harus berisikan kalimat lengkap
Pastikan situs benar-benar rampung
Sediakan sistem navigasi
Konten video tidak akan disetujui

Setelah membaca penolakan tersebut saya tidak sedih ataupun galau, karena saya hanya menganggap alasan tersebut adalah alasan yang sering saya lihat di komunitas-komunitas blogger. artinya saya sudah merasakan sebelum saya harus merasakan langsung. lantas, apa maksud dari poin-poin diatas tentang penolakan google adsense terhadap blog saya?

Pastikan laman berisi teks yang memadai

Artinya google adsense menginformasikan kepada saya, bahwa sebuah blog yang telah dibangun jangan dibiarkan begitu saja, usahakan blog tersebut berisikan postingan-postingan yang berkualitas dan bisa menarik untuk dibaca.

Solusinya adalah usahakan sebelum anda mendaftarkan blog anda di google adsense, pastikan blog tersebut terisi dengan artikel-artikel yang baik, perhatikan juga jenis konten yang dilarang oleh google adsense seperti konten yang mengandung alkohol, perjudian, konten yang berisikan informasi kebohongan (tidak jujur) dan lain sebagainya.

Konten dengan kalimat lengkap

Kebanyakan yang gagal ketika mendaftar di google adsense atau ditolak, itu dikarenakan artikel yang dimuat hanya judulnya saja, sementara isinya hanya halaman kosong.

Solusinya adalah buatlah judul dan isi yang relevan sesuai yang anda bahas. usahakan juga buatlah artikel yang unix (karya sendiri). setelah saya berselancar ke blogger-blogger yang sudah di approve oleh google adsense, mereka menganjurkan membuat artikel yang panjangnya mencapai 600-1200 kata (panjang bukan sekedar panjang) usahakan disertai dengan sub-sub judul yang masih berhubungan dengan judul utama.

Situs benar-benar sudah rampung (selesai)

Sebelum kita mendaftarkan diri di google adsense dan menulis artikel pada blog. usahakan situs yang anda kelola benar-benar sudah selesai seperti template, widget dan navigasi-navigasi yang sewajarnya saja, bukan hanya membuat blog, lalu mendaftarkan ke google adsense. jika hal seperti ini tetap anda lakukan, maka 100% anda akan ditolak oleh google adsense.

Sosulisnya adalah ketika mendaftarkan diri di google adsense, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu kerangka situs anda seperti menampilkan widget populer post dan archive blog saja. jangan terlalu mengambil resiko seperti memunculkan widget-widget yang tidak perlu (konsisten pada tata letak anda) jangan seminggu tata letak pada widget yang tadinya di sebelah kanan, minggu depannya lagi sudah disebelah kiri

Sistem Navigasi

Sistem navigasi ketika mengajukan permohonan di google adsense, usahakan sudah anda pasang di situs blog anda seperti memasang breadcrumbs, halaman-halaman lain seperti kontak, about, daftar isi, privasi (jika diperlukan).

Tujuan dari sistem navigasi ini adalah untuk memudahkan pengunjung sedang berada pada bagian mana. misalkan pada label Adsense, Berita Blogger, Panduan HTML, Widget dan sebagainya.

Konten yang hanya berisikan video

Jika blog anda berisikan konten seputar video, tapi ingin anda uangkan,  maka akan sangat sulit sekali untuk mendaftarkan blog anda di google adsense.

Solusinya adalah jika blog anda sudah terlanjur mengupload video dari Youtube, silahkan ajukan permohonan monetisasi video youtube melalui program monetisasi video youtube. untuk tutorial cara menguangkan video youtube, bisa anda temukan di google dengan keyword "cara daftarkan video youtube di google adsense"

Itulah alasan-alasan dari balasan google adsense yang mendatangi email saya.

Bagaimana saya tidak ditolak oleh google adsense, jika situs blog saya memang pada kenyataannya seperti ini

Ditolak Oleh Google Adsense

Kesimpulan
Jika anda sudah benar-benar yakin dan tidak ragu untuk mendaftar google adsense, usahakan ikuti langkah-langkah diatas dengan benar. kalau situs anda masih seperti gambaran diatas, maka jangan coba-coba untuk mendaftarkan ke google adsense karena hal tersebut sangat sia-sia dan menyita waktu anda saja. dan itulah sebab mengapa permohonan google adsense saya ditolak mentah-mentah.

Sekian dan terima kasih. Happy blogging

"Udah Gitu Aja"





Anda Berada di Label AdSense


8 comments:

  1. Komen saya singkat saja Rizal
    "Udah gitu aja" <--- Ini ciri-ciri konten berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hukakakakakakakakaaka bisa saja mas erianto anas ini, ini ciri-ciri komentar berkualitas mas

      Delete
  2. ooh jadi itu masalahnya, thanks info ka

    ReplyDelete
  3. makasih sudah berbagi info

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Juni ... mudah-mudahan informasi ini bermanfaat agar selalu berhati-hati sebelum mendaftar ke adsense

      Delete
  4. makasih info nya bos, meskipun blog saya sudah puluhan x di tolak saat mendaftar, namun saya yakin jika suatu hr nanti bsa lolos daftar google adsense dengan cara memperbaiki kesalahan blog

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home