Komentar Blog yang Bersifat Kritik Serta Membangun


Kotak komentar yang selalu tampil disetiap akhir postingan yang disediakan oleh admin setiap blogger adalah menunggu para pengunjung yang akan memberikan kritikan serta saran yang sifatnya membangun. jadi tidak ada alasan lain, untuk seorang blogger segera menghapus atau menaruh di folder spam komentar basa-basi sebelum mereka terbitkan di blognya. sangat disayangkan sekali jika ada seorang blogger hebat sampai saat ini tidak menggubris komentar kritik tersebut dan malah menerbitkan komentar-komentar dari para blogger yang sifatnya berbasa-basi.

Saya pribadi sangat senang sekali jika saya mendapatkan suatu cubitan keras dari pengunjung yang memberikan komentar yang bersifat suatu kritikan non provokatif. seperti pada komentar di judul maksud dari tulisan berkualitas "Erianto Anas admin dari blogernas", yang telah beberapa minggu ini saya luncurkan. dimana dalam artikel tersebut memberikan pengertian apa itu berkualitas, apa itu kualitas konten, dan bagaimana caranya membuat tulisan berkualitas.

Jujur, saya tidak malu-malu menerbitkan komentar yang mencubit tersebut, karena komentar seperti itu akan menjadi bahan pertimbangan saya, agar selalu mengoreksi terlebih dahulu apa yang saya tulis sebelum saya terbitkan. komentar dibawah ini adalah sebagian contoh saja yang bersifat kritikan dan membangun untuk menjadikan kita lebih baik lagi

Komentar Blog yang Bersifat Kritik dan Membangun

Disisi lain, selain Mas Erianto Anas memberikan cubitan kerasnya kepada saya, saya juga merasa terhibur dengan kalimat akhir "Tobatlah wahai Rizal, rasa percaya diri kamu dalam menulis sudah mantap. Tapi sebaiknya, iringi juga dengan kecermatan dalam menilainya sendiri sebelum diluncurkan"

Saya tidak besar kepala melihat sedikit pujian di akhir kalimat tersebut, karena saya mendapat pujian dari seorang penulis yang sudah terbilang TOP di media-media online pada zamannya. "apakah ini suatu MURNI pujian atau sebuah TAMPARAN keras kepada saya". akan tetapi yang jelas, ini sudah menjadi cambuk bagi saya agar lebih baik lagi di kemudia hari.

Jenis komentar bersifat kritik dan basa-basi untuk SEO

Komentar sangat berpengaruh di mesin pencari google, bahkan saya sering menemukan komentar bisa terindek oleh mesin google dari media-media online seperti facebook dan disqus. hal ini bisa saya dan anda buktikan sendiri ketika kita mencari sesuatu di mesin telusur dengan keyword tertentu, tak jarang yang dapat terindek di google sebagian adalah hasil dari komentar tersebut.


Artinya komentar yang bersifat kritikan serta membangun dapat membantu artikel kita cepat terindex di google dibandingkan dengan komentar yang sifatnya berbasa-basi.

Tapi, sebagai seorang blogger saya tidak mau kalah untuk menguatkan salah satu judul yang saya buat dari komentar yang berbasa-basi. meskipun mereka hanya berkomentar nice gan, terima kasih infonya gan, selamat gan tung diri, dan sebagainya. 

Saya selalu membalasnya dengan penuh kasih sayang. misalnya "terima kasih gan sudah mampir ke blog belajar berbagi untuk artikel agar postingan baru cepat terindex, semoga informasi ini bermanfaat untuk agan dan keluarga besar agan dirumah yang suka dengan tutorial ini".

Memang mereka berbasa-basi dalam memberikan komentarnya, tapi saya sedikit menggunakan cara licik juga untuk memaksimalkan judul yang saya buat melalui balasan komentar.


Apakah ini bermanfaat untuk seo blog? saya rasa, anda sendiri mampu menilainya.

Jenis komentar yang perlu anda terbitkan di blog
Agar anda lebih memahami jenis komentar apa saja yang pantas anda terbitkan di blog anda adalah komentar yang setidaknya menyangkut atau sedikit relevan dengan konten yang anda bahas, terlebih komentar tersebut banyak mengandung keyword sesuai artikel yang anda tulis, maka jangan berpikir panjang lagi, segera luncurkan lah komentar itu.

Tapi yang perlu anda perhatikan adalah, banyak dari mereka agar terlihat natural berkomentar dengan relevan, tidak jarang mereka juga berlaku curang seperti menyisipkan anchor text atau menyisipkan link aktif pada komentar blog anda. untuk dari itu silahkan anda cegah kecurangan tersebut dengan memasang script menghapus link aktif pada komentar blog.

Jika tidak anda halangi komentar yang berisikan link aktif pada blog anda, maka bukannya semakin seo, malah blog anda akan terindikasi sebagai blog penyebar spam melalui komentar tersebut.

Jenis komentar yang tidak perlu diterbitkan di blog
Blog saya sering saya promosikan di grup facebook, dengan harapan mereka mengunjungi blog saya. tetapi tidak jarang pengunjung tersebut memberikan komentar-komentar yang berbasa-basi. sehingga dapat menimbulkan duplikat komentar. untuk dari itu komentar yang berbasa-basi seperti ini tidak perlu diterbitkan (hapus atau simpan di folder spam)

Dapak Komentar Spam Sangat Buruk Untuk Seo Blog

Komentar seperti gambar diatas tidak akan memberikan dampak baik untuk blog kita bahkan buruk untuk seo. tapi jika sudah terlanjur anda terbitkan, maka silahkan anda balas komentar tersebut dengan komentar kreasi anda sendiri untuk mengoptimalkan postingan yang sudah terlanjur mendapat komentar seperti itu, contohnya yang sudah saya tulis pada kalimat yang bergaris miring diatas tadi.

Sekian dan terima kasih. Happy blogging

"Udah Gitu Aja"





Anda Berada di Label Berita Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home