Jadikan Blog Sebagai Magnet Mendapatkan Pengunjung


Ketika awal mula kita mengenal dunia blogging, tentu yang terbesit dipikiran kita adalah bagaimana mendapatkan pengunjung yang berlimpah dari google. sebaiknya pikiran seperti itu kita hilangkan terlebih dahulu karena tidak mungkin blog yang baru seminggu kita bangun langsung terindex di mesin google, karena butuh beberapa proses. maka dari itu yang perlu kita lakukan adalah bagaimana caranya menjadikan sebuah blog sebagai magnit untuk merauk pengunjung terutama dari google search engine. agar blog kita menjadi magnit di google maka yang perlu kita perhatikan adalah template yang seo friendly, mendaftar di webmaster google, judul, deskripsi postingan blog dan yang terakhir isi dari artikel yang kita buat. jika semua kriteria ini sudah kita terapkan, maka kita akan terbebas dari beban kehawatiran karena takut tidak mendapatkan pengunjung.

Jadikan Blog Sebagai Magnet Mendapatkan Pengunjung

Template Seo Friendly

Template adalah hal yang terpenting ketika kita mulai membangun sebuah blog. jika tidak ada template, ibaratnya seperti anda makan tidak memakai garam (hampa). bagaimana mau menjadikan sebuah blog tersebut magnet, jika template saja kita tidak mengetahuinya. misalkan saja anda sudah mempunyai template tapi anda ingin mengganti template tersebut dengan template lain karena template yang anda pasang kurang menarik atau berat (loading lama) maka sebaiknya pelajari dulu caranya tips sebelum mengganti template pada blog.

Apa itu template
Template adalah sebuah tampilan yang bisa saya umpamakan seperti pada ms word yang bentuknya seperti tatanan surat, excel yang berbentuk billing dan pada dreamweaver berbentuk halaman html “hyper text markup language” atau php “pemberi harapan palsu personal home page” kurang lebih yang dimaksud dengan template blog itu adalah sebuah tampilan situs yang di convert menjadi xml atau html dan sebagainya. inilah yang dimaksud dengan template tersebut

Template Blogger Seo Friendly

Apa itu SEO Friendly
Search Engine Optimasi atau seo adalah suatu pekerjaan optimasi yang dilakukan oleh para blogger yang dimana usaha itu dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah situs website atau blog mereka.

Jadi kesimpulan dari template seo friendly diatas adalah suatu pengoptimalan sebuah tampilan agar mampu menduduki di peringkat google engine. jika template anda seo friendly otomatis pengunjung juga akan datang karena robot google sudah kita hipnotis dengan tampilan template yang kita pasang di sebuah situs website atau blog. lalu apa saja yang perlu kita optimalkan dalam sebuah template tersebut?

Untuk mengoptimalkan sebuah template agar menjadi lebih seo friendly adalah penataan Heading (H1 H2 H3)

Baca: Menyusun Tag Heading H1 H2 H3 Pada Blog

Cara diatas adalah penempatan nama blog menjadi H1 dan ketika mengklik judul postingan pada blog, H1 akan menempatkan pada posisi judul postingan. selain penempatan atau penyusunan tag heading pada sebuah blog, yang perlu anda perhatikan juga adalah penempatan meta tag yang tepat agar memudahkan situs anda dikenali oleh google engine.

Memang saya akui ketika memulai sebuah blog kita bukan memikirkan pengunjung terlebih dahulu, melainkan menyediakan rumah yang layak huni untuk robot google, maka dari itu selain h1 dan meta tag, anda juga perlu membuat menu breadcrumbs yang mana tujuan dari breadcrumbs ini untuk memudahkan google engine dan user nantinya agar mereka tahu sedang berada di label mana.

Saya rasa dalam penyusunan diatas sudah cukup untuk awal mula anda menjadikan sebuah blog tersebut sebagai magnet mendapatkan pengunjung. jika belum bisa melakukannya karena mungkin “maaf” anda masih pemula, maka saran saya carilah template yang sudah benar-benar seo friendly. banyak para master-master blogger yang sudah menyediakan template seperti itu, dari yang berbayar hingga yang free bisa anda dapatkan semuanya.

Mendaftar di webmaster tools google

Seperti yang pernah saya bilang, jangan mengharapkan pengunjung terlebih dahulu karena kita perlu memanggil google untuk bersantai di blog kita dengan cara mendaftar di webmaster tools google untuk mendapatkan sebuah kode verifikasi dari google serta mensubmit peta situs “sitemap.xml”.

Bagaimana blog kita akan menjadi magnet, jika kita tidak mendaftarkan situs ke pelayanan gratis milik google seperti webmaster tools. karena hubungan webmaster sangat erat kaitannya dengan situs website/blog.

Agar kita bisa mengetahui lalu lintas kinerja suatu situs blog, maka yang tidak kalah penting adalah mendaftarkan blog kita di google analytics karena berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa google analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi dari halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Apakah anda sudah memanjakan robot google dengan template dan mendaftar di webmaster tools? jika cara diatas sudah anda terapkan maka apakah anda akan berlanjut kembali membaca tulisan ini sampai tuntas?

Mari kita terbang ke paragraf selanjutnya

Bagaimana menentukan sebuah judul postingan blog

Judul adalah sebuah mahkota yang sangat luar biasa. jika judul kita melempem, maka daya tarik klik dari mesin pencarian google akan berkurang, dan jika judul kita bertenaga, maka otomatis kita bisa menghipnotis pengunjung dari google dari judul tersebut meskipun judul yang kita buat masuk dalam halaman 3 mesin cari.

Sebenarnya bukan dari LSI Keyword, tools ubersugest, google trend, keyword planner saja kita bisa menentukan sebuah judul yang akan nantinya dijadikan magnet di mesin pencari. tapi dari cara anda mengemix sebuah judul yang sudah anda tentukan di tools tersebut menjadi serangkaian judul yang lebih menarik lagi. seperti menambahkan kata kiasan dalam sebuah judul postingan tersebut. sebagai contoh:

1. Tips Ampuh Meningkatkan Trafik dari Google
2. Tips Ampuh Menyihir Pengunjung dari Google

Coba anda perhatikan kata diatas tersebut. dalam kata meningkatkan dan menyihir mana yang lebih unix untuk di klik pengunjung? anda bisa bandingkan sendiri perbedaannya.

Yang terpenting jangan sembarang membuat judul-judulan.

Memang kedua buah kata itu tidak mengurangi maknanya yaitu intinya mencari pengunjung dari google, akan tetapi harus kita kuatkan atau tegaskan kembali pada deskripsi dalam sebuah postingan yang terdapat dalam judul diatas. masih penasaran?

Menentukan deskripsi judul postingan agar mendapatkan daya klik

Setelah menentukan judul yang menarik untuk mendapatkan daya klik luar biasa dari google meskipun bukan pada halaman pertama, maka yang perlu anda perhatikan adalah sebuah deskripsi tentang judul yang anda buat, misalkan judul anda Tips Ampuh Menyihir pengunjung dari google, maka untuk menegaskan kata menyihir tersebut. anda ganti dengan Meningkatkan, mendapatkan, dan sebagainya. contoh

Judul: Tips Ampuh Menyihir Pengunjung dari Google
Deskripsi: Inilah cara ampuh untuk meningkatkan trafik melimpah dari google yang akan datang seketika ke blog anda dengan cepat.

Dimanakah letak kata yang penuh atau padat dengan keyword tapi tidak menghilangkan magnanya? silahkan anda perhatikan pada kata meningkatkan, trafik, google, dengan, cepat

Untuk lebih lengkap dalam pengenalan desripsi pada blog, sebaiknya saya sarankan anda terbang ke menentukan deskripsi pada postingan blog

Membuat isi postingan dengan tujuan memanjakan pembaca blog

Setelah menentukan judul, deskripi pada postingan blog, maka yang terakhir isi dari judul yang telah kita buat. cara agar membuat pengunjung melahap paragraf per paragraf atau bahasa lainnya betah terhadap isi dari konten yang kita tulis. jangan lupa memberikan sub-sub judul dan di bumbui kalimat perkalimat yang membuat pembaca penasaran sehingga dia lupa kalau sudah terlalu lama di blog kita.

Bagaimana caranya?
Baca: Mendongkarak ide Menulis Postingan Blog

Selain itu, anda juga perlu memberikan link-link (anchor text) yang relevan sesuai dengan topik yang anda bahas di postingan. jikapun ingin lari dari topik, buatlah anchor text senatural mungkin. misalkan di dalam postingan anda, anda ingin memasarkan produk pempek palembang yang sedap samo cukonyo. maka usahakan jangan terlihat memaksa tapi gunakan cara nakal yang berupa rayuan.

Contoh:
Saya rasa pempek palembang ini bisa menemani santai anda ketika membangun sebuah blog, apalagi anda sedang berusaha mengoptimalkan sebuah judul postingan.

Sudah pasti di dalam sebuah kata pempek palembang anda sisipkan link yang menuju usaha kuliner milik anda.

Intinya dalam menentukan isi atau menulis artikel, tentu bukan menulis artikel untuk robot google, melainkan untuk orang. sebaiknya gunakanlah bahasa pasaran yang mudah dimengerti meskipun telah disisipi oleh kata-kata kiasan.

Pertanyaannya adalah dari mana anda menemukan judul artikel ini?
Keyword apa yang membuat anda tersasar kesini?
Apa deskripsi yang anda temukan di mesin pencari google?

Ketika anda sudah memahaminya, maka bisa anda terapkan di blog anda. terima kasih dan happy blogging.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


8 comments:

  1. Mau tanya nih gan, SEO itu penting kali ya gan dalam sebuah blog..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat penting mas karena SEO (Search Engine Optimization)bisa meningkatkan visibilitas halaman demi halaman yang kita buat. baca: Menulis artikel berkualitas SEO Cabe semoga bisa membantu

      Delete
  2. thanks infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. info yang bagaimana gan Septino?
      bisa dijelaskan info seperti apa yang saya tulis diatas tersebut atau yang berhubungan dengan menjadikan sebuah blog sebagai magnet untuk mendapatkan pengunjung

      Delete
  3. template yang seo freendly, apa lagi yang download, serta gratis, manteb gan pastinya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya? maaf saya gagal faham yang anda maksud tentang template yang seo friendly, apalagi yang download.

      Delete
  4. mantap gan teknik SEOnya cocok buat ane yang masih belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mas Amrul yang selama ini saya terapkan agar blog menjadi magnet di mesin pencari google. ya semua itu kita harus belajar dari yang terkecil untuk mendapatkan sesuatu yang besar

      Delete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home