Cara Menghilangkan Link Aktif pada Komentar Blog


Sebagai seorang blogger yang sudah mempunyai puluhan komentar pada blog yang siap akan diterbitkan setelah antri dari moderasi admin. maka yang akan melelahkan adalah ketika kita mensortir satu persatu komentar tersebut, apakah di komentar itu terdapat link aktif yang dengan sengaja di buat oleh pengunjung. jika tidak kita halangi komentar seperti ini, maka akan terindikasi sebagai spam komentar yang mana spam tersebut sangat dilarang oleh google. untuk dari itu bagaimana caranya kita menghapus secara otomatis link aktif pada komentar?

Dampak dan contoh link aktif pada komentar blog

Mengenai dampak yang terjadi ketika ada seorang pengunjung iseng berkomentar menggunakan link aktif, maka blog anda sudah menjadi lahan tempat spam untuk orang yang mencari kunjungan balik dengan harapan link aktif di rayapi oleh robot google maupun manusia.

Jadi kesannya ketika link aktif dibiarkan, maka blog anda terkesan tidak profesional dan lebih parahnya lagi, blog anda dinilai sebagai blog penampung komentar spam.

Banyak cara yang dilakukan oleh mereka yang suka menabur spam pada komentar seperti menggunakan kata-kata klik disini, kunjungi ini, dan di dalam kata tersebut terdapat anchor text yang mengarah ke situsnya. akan tetapi hal seperti ini bisa anda ketahui jika sudah menyetel blog anda memakai moderasi komentar, jadi bisa anda hapus melalui dasbor blog anda.

Lalu yang tidak bisa anda ketahui apa? mereka akan berkomentar senatural mungkin agar tidak telihat seperti menaruh link, padahal berisikan link dalam kata-katanya, sebagai contoh:

Anda sedang membahas cara mengatasi jingling pada blog, lalu ada komentar natural seperti ini:

Wah, bagus tuh gan cara diatas, karena memang banyak kasus jingling yang sedang <a href=”imoul.blogspot.com”>marak pada tahun 2016 ini</a>, saya juga pernah merasa di jingling oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tapi sudah saya atasi dengan cara melaporkan kepada pihak google seperti yang agan tulis diatas. terima kasih gan, salam kenal.

Sementara anda tidak tahu kalau pada tulisan marak pada tahun 2016 ini, dia sedang mengarahkan robot google atau manusia menuju ke situsnya yang sedang membahas tentang maraknya peredaran n412k0ba tahun 2016.

Tentu hal seperti ini tidak relevan dengan apa yang anda bahas. anda membahas tentang kasus jingling, lalu pengunjung berkomentar menaruh link aktif membahas kasus lain. jengkel tidak jika anda menemukan hal seperti ini?

Inilah cara menghilangkan spam pada komentar blog

Disini akan saya berikan beberapa kode script yang mampu mengatasi link aktif pada komentar blog anda. karena saya juga menggunakannya pada belajar berbagi ini.

Langkah pertama pada css
Langkah pada css ini memang tidak bisa terlihat oleh mata anda maupun pengunjung yang lain, akan tetapi robot google tidak bisa dikelabuhi oleh penempatan kode hidden di dalam css tersebut, karena sedikit link yang dofollow, maka akan dirayapinnya. jika mau mencoba silahkan saja pasang kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin>

#comments p a{ display: none !important;}

Langkah kedua menyulapnya menjadi text saja
Langkah ini adalah langkah yang saya terapkan pada blog belajar berbagi yaitu menggantinya dengan sebuah kata (text) saja. disini dibagi lagi menjadi 2 buah bagian yaitu menggunakan Jquery dan Pure Javascript, tergantung anda mau menggunakan yang mana, semua sama saja fungsinya, yaitu sama-sama mengantisipasi komentar yang terdapat link aktifnya

Versi Jquery
Copy dan paste kode dibawah ini tepat diatas kode </head>

<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ $(function(){$('#comments p').find('a').contents().unwrap();}); //]]> </script>

Silahkan uji coba berkomentar sendiri dengan menaruhkan Anchor Text pada sebuah postingan anda (pakai akun lain untuk berkomentarnya)

Versi pure javascript
Selain memakai versi diatas, maka ada versi lain yaitu versi pure javascript. pastekan kode dibawah ini tepat diatas kode </head>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function blockLinks(parentID, children) {
 var parent = document.getElementById(parentID),
 content = parent.getElementsByTagName(children);
 for (var i = 0; i < content.length; i++) {
  if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1) {
   content[i].innerHTML = content[i].innerHTML.replace(/<a[^>]*>|<\/a>/g, "");  
  }
 }
}
blockLinks('comments', 'p');
//]]>
</script>

Setelah itu save template. seperti biasa uji coba berkomentar sendiri di blog anda. jika berhasil dia akan berupa text saja. jika tidak berhasil, maka pindahkan yang tadinya di posisi diatas kode </head> maka pindahkan kode tersebut diatas kode </body> save dan berhasil.

Mengapa demikian? karena strukture template berbeda-beda.

Sekian informasi terlengkap tentang cara menghilangkan link aktif pada komentar blog, mudah-mudahan berhasil. happy blogging





Anda Berada di Label Blogger HTML


5 comments:

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home