Mengenal Komponen Halaman Posting Blog


Saat setelah kita membuat blog di blogspot, tentu hal yang akan dilakukan adalah menulis artikel pada blog yang telah kita buat tersebut. kalau hanya menulis saja, saya rasa anda sudah memahaminya, tapi bagaimana kita benar-benar bisa mengenal sebuah komponen yang terdapat pada halaman saat ingin posting dalam blog. panduan ini sengaja saya buat di khususkan untuk blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging secara gamblang dan full wawasan, sehingga anda bisa menangkapnya dengan baik serta mempraktekannya langsung pada blog anda.

Apa saja komponen pada halaman saat menulis artikel blog tersebut?

Disini akan saya berikan sekitar 12 contoh yang sering saya gunakan pada blog belajar berbagi, diantaranya adalah seperti gambar dibawah ini

Mengenal Komponen Halaman Posting Blog

Keterangan: inilah komponen yang saya maksudkan kepada anda

  1. Compose;
  2. HTML;
  3. Font;
  4. Font Size;
  5. Heading;
  6. Bold, garis miring, underline, strikethrought;
  7. Text color, Text backround color;
  8. Link;
  9. Insert Images, Insert a video, insert jump break;
  10. Aligment, numbered list, bullet list
  11. Setelan entri
  12. Publikasi, simpan, pratinjau, tutup

Bagaimana penjelasan secara detail maksud komponen posting diatas?

Karena saya tidak mau asal-asalan memberikan informasi ini kepada anda, maka akan saya jelaskan secara mendetail arti dari komponen halaman posting yang saya maksudkan diatas tadi.

1. Compose
Compose adalah sebuah elemen dimana kita ingin menulis artikel, pada komponen compose ini menampilan seluruh elemen-elemen yang dibutuhkan pada halaman posting blog secara lengkap dan menyeluruh

2. HTML
Html adalah Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa interpretasi yang digunakan pada sebuah halaman web. pada model html ini hanya menampilkan beberapa elemen posting saja diantaranya adalah Link, B, I, U apload gambar dan Quote saja , artinya html tidak menampilkan komponen selengkap model compose

3. Font
Ketika kita ingin mengatur tampilan tulisan atau jenis tulisan, maka kita menggunakan font tersebut. pada font bawaan blogger terdapat beberapa jenis diantaranya adalah font arial, courier, Georgia, Helvetica, times, trebuchet, verdana.

Pada blog belajar berbagi sendiri menggunakan font Helvetica. mengapa saya lebih menyukai font helvetica? karena menurut saya font ini sangat menarik serta mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat pengunjung dari google.

4. Font Size
Font size berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya suatu kata ketika anda ingin menulis artikel pada blog diantaranya adalah

Smallest Sangat kecil
Small Kecil saja
Normal Defauld
Large Besar
Largets Sangat besar

Contoh: saya akan memberikan dalam satu paragraf menggunakan ukuran masing-masing dari font size tersebut dari yang terkecil sampai yang terbesar

Mengenal sebuah komponen atau elemen pada halaman posting blog sangatlah mudah, jika kita memang mau belajar untuk tidak melupakan hal yang terkecil terlebih dahulu. pada dasarnya tutorial pemula seperti ini tidak perlu saya berikan kepada anda, karena beriring dengan jalannya waktu anda akan mengetahui komponen-komponen dasar pada blog.

5. Heading
Heading adalah sebuah komponen penunjang untuk SEO yang sangat sederhana seperti H1 H2 H3 dan seterusnya. heading bisa dibuat secara otomatis di dalam sebuah template dan dapat juga dibuat secara manual ketika anda ingin menulis artikel pada blog diantaranya adalah Heading, Subheading, Minor Heading, Normal. di blog belajar berbagi heading digunakan sebagai subjudul yang bertujuan agar setiap postingan dibaca oleh pengunjung sampai tamat atau sebagai penunjang seo untuk pemula.

6. Bold, garis miring, underline, strikethrought
Komponen seperti ini sering kita temui di aplikasi komputer atau laptop seperti program Ms Word. Bold, Italic, Underline, Strikethrougt

7. Text Color dan Text Backround Color
Color adalah c3l4na d4lam warna. jika anda ingin mempercantik ketika anda ingin posting blog, maka kedua elemen ini bisa anda manfaatkan dan inilah contohnya (Belajar Berbagi) cara menggunakannya adalah blok kata-kata yang ingin anda berikan warna dan backround warna tersebut.

8. Link
Pada fitur link anda bisa memberikan link atau menghapus link. biasanya link ini saya gunakan sebagai bantuan untuk menaruh link ke sebuah posting yang sudah lama tidak di klik atau tidak di kunjungi oleh manusia. untuk dari itu saya menggunakan fitur link ini. jenis link ada 2 buah yaitu dofollow dan nofollor yang berupa anchor text. dan peletakan link, tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan aturan atau bahasa lain secara relevan agar lebih SEO.

9. Insert Images, Insert a video, insert jump break
Ketiga komponen seperti ini tidak akan pernah yang namanya ketinggalan saat kita melakukan posting pada blog. misalkan anda ingin memasukan gambar pada posting blog, maka klik saja icon tersebut dan ikuti perintahnya. begitu juga dengan memasukan video dalam posting blog.

Jump break adalah untuk memotong sebagian posting yang sudah anda tulis. misalkan anda ingin menampilkan paragraf pertama saja di bagian home, maka jump break bisa anda gunakan. karena jump break ini sama saja seperti Read More atau Baca Selengkapnya.

10. Aligment, numbered list, bullet list
Aligment, numbered list, bullet list sama seperti Bols, Italic, Underline yang sering kita temui di Ms Word contohnya

Numbered List

  1. Menulis artikel yang seo sangat mudah
  2. Menulis artikel yang baik sudah benar
  3. Ilmu menulis dari belajar berbagi

Bullet List

  • Saya memang lagi belajar seo
  • Seo "Search Engine Optimization"
  • Apa itu seo

11. Setelan Entri
Setelan entri sendiri sebagai penunjang seo karena terdapat label, jadwal, tautan permanent, lokasi, deskripsi penelusuran, pilihan, tag robot khusus.

  • Label : pada label ini anda bisa menempatkan posting anda di label yang sudah anda tentukan. cara menggunakannya adalah klik label tersebut lalu tulis nama label apakah label blogger, webmaster, adsense dan sebagainya tergantung dari topik yang sedang anda bahas.
  • Jadwal : anda bisa menjadwalkan kapan seharusnya posting anda diterbitkan, apakah tanggal 02, 09, 08, dan sebagainya. pada jadwal ini, anda juga bisa menaruh posting lama anda untuk muncul di halaman depan beranda blog anda.
  • Tautan permanen : tautan permanen anda bisa menaruh tautan yang sedang anda bahas. misalkan mengenal komponen halaman posting blog. maka tautan ini bisa anda manfaatkan agar link yang terbit nantinya tidak terputus. contoh komponen-halaman-posting-blog.html (ini link tidak terputus) mengenal-komponen-halaman-posting-di.html (ini url/link yang terputus) untuk seo sendiri sangat kurang baik, karena robot google akan bingung dibuatnya.
  • Lokasi : jarang saya menggunakan lokasi ini, maka tidak akan saya jelaskan karena tidak berpengaruh untuk seo.
  • Pilihan : pada bagian pilihan anda bisa mengatur dari komentar pembaca, menunjukan html, gunakan tag dan sebagainya. silahkan anda coba dan uji sendiri. karena anda akan mengetahui trial and error ada dimana ketika anda sudah mencobanya.
  • Tag robot Khusus : tag robot khusus biarkan saja defaul, jangan sekali-kali anda ngulik tag robot ini, karena jika anda salah ngulik, maka postingan anda tidak akan terindex oleh google.

12. Publikasi, Simpan, Pratinjau, Tutup
Komponen ini selalu saja kita gunakan setelah kita menulis artikel pada blog

  • Publikasi : mempublikasikan artikel setelah kita tulis
  • Simpan : simpan sebelum mempublikasikannya (tapi tidak berpengaruh karena sudah di publikasi)
  • Pratinjau : untuk melihat hasil sebelum kita publikasikan
  • Tutup : otomatis jika kita menekan tutup, maka akan tersimpan pada draf

Sekian informasi untuk mengenal komponen halaman posting blog yang bisa saya sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat dan happy blogging

Apakah anda sudah memahami dari ke 12 komponen halaman posting blog ini? 





Anda Berada di Label Seputar Blogger


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home