2 Langkah Cara Mengatasi Jingling pada Blog


Terkadang kita perlu dibuat repot oleh orang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja menjingling situs blog kita. jingling adalah sebuah kode script yang ditanam pada sebuah situs tersebut, dan mana nantinya akan mengirimkan paket data menuju situs website atau blog kita. biasanya jingling atau auto visitor seperti ini hanya menunjukan 1 buah ip saja untuk menuju situs yang dituju. jika blog anda menggunakan auto visitor atau ada orang yang sengaja mengirimkan auto visitor ke blog, maka sudah pasti hal tersebut diindikasi sebagai spam yang sangat dilarang keras oleh google.

Script jingling sendiri bisa saya sebutkan seperti script DDOS “Distributed Denial of Service”. yang mana script tersebut mengirimkan sebanyak mungkin paket data untuk menuju situs kita. tapi untuk blogger sendiri hal seperti ini tidak akan berpengaruh besar. jika untuk sebuah website atau situs non blogspot, maka dapat berpengaruh, seperti down server, server error dan sebagainya.

2 Langkah Cara Mengatasi Jingling pada Blog

Logika dan dampak jingling (semi ddos) untuk blogger

Misalkan ada sebuah selang air kecil yang sengaja anda keluarkan dari pompa air menuju pembuangan, tiba-tiba dari arah berlawanan ada sebuah selang air yang besar menuju pompa air anda, tentu selang kecil tersebut akan tertutup oleh dorongan air dari luar menuju pompa air anda, dan apa yang terjadi? maka pompa air anda akan macet bahkan bisa rusak (mati total)

Begitu juga dengan pekerjaan bodoh seperti ini yaitu sengaja demi mendapatkan visitor berlimpah dalam sekejap, tapi tidak tahu dampak kedepannya untuk blog itu sendiri (banned, diindex, sanbox, dan lain-lain) tergantung berat dan tidaknya kesalahan yang anda lakukan.

Jika anda menyayangi blog atau situs website yang sedang dikelola, maka stop jingling atau auto visitor tersebut.

Jika anda sebagai seorang yang iseng atau dengan sengaja ingin menjatuhkan blogger saingan anda, apa untungnya untuk anda? seharusnya kita saling mendukung untuk sesama blogger Indonesia agar tetap menjaga, dan juga kita akan merasa bangga melihat masih ada blogger Indonesia yang sukses menguasai search engine google. tentunya hal seperti itu harus menjadi motivasi bukan dihancurkan atau dijatuhkan dengan perbuatan yang kurangajar seperti ini.

Sekian hantaman keras untuk pecundang (semoga tobat)

Cara mengetahui jingling atau auto visitor

Pada domain blogger jingling atau auto visitor bisa anda lihat di ikhtisar blog dengan cara login ke blogger » statistik » sumber lalu lintas » minggu

Disana anda akan disajikan dengan beragam macam sumber lalu lintas yang menuju situs anda, termasuk situs mencurigakan “jingling  atau auto visitor” tersebut.

Sebenarnya ada yang jahil seperti ini, cukup biarkan saja dan nanti juga dia akan capek sendiri

Langkah pertama mencegah jingling (auto visitor)

Langkah-langkah untuk mencegah atau menghalangi situs asing (jingling) menuju blog kita, maka silahkan login ke blogspot » setelan » preferensi penelusuran » robot.txt » edit » lalu copy dan paste kode dibawah ini pada setelan preferensi penelusuran situs anda.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *

Disallow: /
Sitemap: http://imoul.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Maksud dari yang saya tuliskan diatas tadi adalah mencegah bot lain menuju situs anda kecuali google robot dan manusia yang boleh merayapinya. (rubah imoul menjadi nama situs milik anda)

Langkah kedua untuk mencekal jingling

Selain langkah pertama anda terapkan dengan benar di dasbor blog anda, maka langkah kedua ini juga termasuk untuk mencekal kegiatan jingling atau auto visitor online, dengan cara melaporkan tindakan spam tersebut kepada pihak google, biarkanlah pihak google yang akan bekerja untuk menghajar habis-habisan kegiatan jingling itu.

Jika anda menemukan jingling dari situs non-blogger, maka langkahnya adalah melaporkan situs tersebut ke pihak penyedia layanan.

Kesimpulan singkat
Pada kesimpulan singkat ini yang perlu kita ketahui adalah jika kita sengaja menjingling situs milik kita sendiri, artinya kita tidak sportif atau membohongi diri kita sendiri, karena yang berkunjung bukan manusia menalinkan robot dan percuma jika kita menulis susah payah, pada akhirnya robot yang anda suruh datang.

Selain membohongi diri sendiri, jika tindakan jingling yang dilakukan oleh orang lain terhadap situs kita, itu artinya dia iri dengan kesuksesan blog kita, iri dengan konten-konten yang bermanfaat yang kita sajikan, iri terhadap popularitas blog kita baik dari search engine maupun media sosisal.

Orang seperti ini termasuk orang yang tidak mempunyai perasaan, bodoh di bidangnya, karena dia tidak bisa melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan.

Mudah-mudahan informasi cara mengatasi jingling pada blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sebagai penutup jadilah orang yang sportif, tidak menjatuhkan orang lain terutama kita sebagai sesama Blogger Indonesia, happy blogging.





Anda Berada di Label Tips Trik Blogger


4 comments:

  1. contoh jingling kaya gmn min? Apakah trafic tbtb naik gak masuk akal? Atau ada link yang ada di sumber trafic kita?

    Terus kalo misalkan gak ada link yang aneh, tapi sumber traffi meningkat aneh, itu termasuk jingling gak?

    ReplyDelete
  2. Jika mengjingling situs penipu yang sering ngesms kita caranya gimana?

    ReplyDelete
  3. Gan, keliatannya ane kena jingling. Tapi ane ga pasang itu software. Trus gmna gan? Itu masuknya lewat html blogger ya?

    ReplyDelete
  4. Cara laporinnya gmna mas.?
    Maaf masih belajar

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan konten yang saya bahas diatas. komentar yang tidak relevan, spam, maka tidak akan saya publikasikan di blog belajar berbagi ini.

Belajar Berbagi Home